Benteng Potensial Dibangun Irigasi Baru

BENTENG, BE – Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (DP3) Benteng masih terus mengkaji potensi pembuatan irigasi baru dengan membendung aliran Sungai Musi agar dapat dimanfaatkan untuk areal persawahan. Bila betul-betul dibangun, irigasi itu berpotensi mengaliri ribuan hektar areal sawah yang ada di 6 kecamatan di Benteng. Yaitu, Kecamatan Pematang Tiga, Kecamatan Merigi Sakti, Kecamatan Merigi Kelindang, Kecamatan Pagar Jati dan Kecamatan Bang Haji.
“Sebenarnya pihak kami sudah pernah mengkaji potensi pembuatan bendungan aliran Sungai Musi ini. Kami juga sudah mengkaji dan menghitung dampak dari pembuatan bendungan, serta lokasi bendungan itu sesuai areal persawahan. Potensinya nanti bagus, seperti bendungan di Seluma dan bendungan irigasi Cawang Kaur,” terang Sekretaris DP3 Benteng A. Syafawi.
Ia menjelaskan, setelah pengkajian selesai dilakukan, sudah pernah diajukan usulan pembangunan bendungan ke pemerintah untuk mendapatkan kucuran dana. Namun sayangnya, usulan itu belum dikabulkan oleh pemerintah. “Sudah dua kali pernah diusulkan untuk dibangun bendungan irigasi, tapi lobinya mungkin yang belum berhasil. Seandainya bendungan ini dibangun, maka saluran irigasi Sungai Musi dapat mensuplay ribuan hektar lahan persawahan di 6 kecamatan tadi. Hal ini sendiri untuk menunjang Kabupaten Benteng agar bisa menjadi salah satu lumbung beras terbesar di Provinsi Bengkulu dan pemasok beras nasional,” paparnya. (320)