Bengkulu Utara Bisa Dicontoh Kabupaten Lain

ary-penutupan-diklat-kades-bengkulu-utara-2
Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Yovianes Mahar didampingi Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian, saat melepas tanda peserta dan panitia kegiatan pendidikan dan pelatihan Kades se-Bengkulu Utara di SPN Bukit Kaba, Jumat (11/11) kemarin. (Foto ARY/BE).

 CURUP, BE – Kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilakukan Pemerintah Bengkulu Utara terhadap para Kades-nya bisa dicontoh oleh kabupaten lain yang ada di Bengkulu. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Yovianes Mahar di SPN Curup Jumat (11/11) kemarin.

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh bupati-bupati lain yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” ungkap Kapolda Bengkulu saat memberikan sambutan sebelum menutup acara pendidikan dan pelatihan peningkatan kapasitas manajemen pemerintahan desa bagi kepala desa se-Bengkulu Utara di SPN Bukit Kaba Curup.

Dengan diberikannya pendidikan dan pelatihan tersebut, Kapolda berharap para kepala desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku. Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara yang telah mempercayai SPN Bukit Kaba sebagai lokasi pendidikan dan pelatihan bagi para Kades mereka.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara Ir Mian mengungkapkan bahwa kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara tersebut tak lepas dari keinginan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara agar seluruh Kades yang ada di Bengkulu Utara bisa menjalakan tugas pemerintah ditingkat desa dengan baik.

Terlebih lagi, menurut bupati saat ini pemerintah desa di Bengkulu Utara mendapat kucuran dana yang cukup besar baik dari APBN maupun dari APBD Kabupaten Bengkulu Utara sendiri. Sehingga dengan diberikannya pendidikan dan pelatihan tersebut diharapkan bisa mengelola dana tersebut dengan sebaik mungkin dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dengan adanya kegiatan ini, pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara berharap agar para Kades bisa meningkatkan kemampuan manajerialnya sebagai pimpinan ditingkat desa dengan dana yang cukup besar,” ungkap bupati.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, dengan diberikannya pendidikan dan pelatihan kepada para Kades tersebut diharapkan bisa menjadi tonggak seluruh Kades yang ada di Bengkulu Utara untuk menyamakan pemikiran dan tidak lari dari aturan yang berlaku.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi Kades se Bengkulu Utara tersebut diikuti oleh 175 dari 215 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Kegiatan yang dilaksanakan mulai Senin (7/11) kemarin seyogyanya diikuti oleh 180 Kades yang baru dilantik pada bulan Juli lalu, namun ada lima Kades yang berhalangan hadir. Sedangkan untuk Kades lainnya, mereka tidak diikutkan dalam kegiatan tersebut karena sudah habis masa jabatan maupun akan segera habis masa jabatannya.

Kegiatan penutupan pendidikan dan pelatihan kemarin dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong dan Kepahiang, perwakilan Danrem 041 Gamas, pejabat teras di Polda Bengkulu serta unsur SKPD Kabupaten Bengkulu Utara. (251)