Bengkulu Kids Marathon, SERU DAN MENGHIBUR

Juara bengkulu kids marathonBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Harian Bengkulu Ekspress telah sukses menyelenggarakan Bengkulu Kids Marathon 2017 di kawasan Jalan S. Parman Kota Bengkulu Minggu, (31/12). Sekitar 2.500 anak-anak mengikuti kegiatan ini dengan harapan para orang tua dapat memberikan edukasi kepada anak bahwa olahraga sama menariknya seperti bermain.

Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, olahraga marathon merupakan olahraga yang cocok untuk beragam usia, termasuk untuk anak-anak. Lewat olahraga ini, anak-anak akan belajar mengenal gaya hidup sehat dan nilai-nilai positif berolahraga.

“Kalau sudah terbiasa dilakukan maka kebiasaan berolahraga akan memberikan banyak manfaat bagi anak,” ujar Rohidin.

Beberapa manfaat yang akan diterima anak dari kebiasaan berolahraga di antaranya, dapat meningkatkan harapan hidup, menurunkan risiko gangguan kesehatan, mendongkrak performa di sekolah, serta membentuk karakter. Tetapi walaupun olahraga dapat memberikan manfaat, para orangtua tidak bisa mengharapkan anak untuk memikirkan manfaat kesehatan saat berolahraga. “Prioritas utama mereka adalah bermain dan bersenang-senang. Sebagai orangtua, penting bagi Anda untuk membuat olahraga sama menariknya seperti bermain,” ungkap Rohidin.

Untuk itu, olahraga tersebut harus dibuat semenyenangkan mungkin. Ada baiknya jika orangtua ikut serta menemani anak saat melakukan aktivitas tersebut dapat memberikan contoh langsung tentang hidup sehat bahkan momen lari bersama keluarga bisa mempererat hubungan antara orangtua dan anak. “Saya memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang di gelar pertama kali di Provinsi Bengkulu ini,” tutur Rohidin.

Apalagi kegiatan ini, selain memeriahkan akhir tahun, juga untuk mengajarkan anak-anak untuk saling kenal dan berinteraksi, sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap olahraga dan Provinsi Bengkulu. Oleh karena itu diharapkan kegiatan seperti ini kedepan bisa di rancang agar lebih meriah lagi dan bisa melibatkan warga dari berbagai daerah.

“Kegiatan ini akan meningkatkan rasa persaudaraan diantara kita dan memupuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu,” tutup Rohidin.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengatakan, event spektakuler yang di gelar ini, bertujuan memperkenalkan dunia olahraga dan membiasakan pola hidup sehat kepada anak-anak, khususnya dari tingkat PAUD, TK dan SD. Kemudian para peserta yang mengikuti Bengkulu Kids Marathon terbagi dalam dua kelas, yaitu kategori A usia 4-6 tahun dan katagori B usia 7-8 tahun dan setiap pemenang dari masing-masing kategori berhak mendapatkan Piala Gubernur dengan total hadiah jutaan rupiah termasuk sertifikat dan mendali bagi 1.000 finiser pertama.

“Peserta kegiatan ini mencapai kurang lebih 2.500 orang, tujuan kita yaitu memperkenalkan olahraga kepada anak dan mempromosikan wisata,” kata Hamka.

Dijadikannya event ini sebagai sarana promosi wisata Bengkulu karena kegiatan ini tidak hanya sebagai sebuah event tahunan, tetapi juga diharapkan menjadi agenda bulanan dalam meramaikan kawasan Car Free Day Bengkulu.

“Acara ini harus di gelar secara rutin jika perlu setiap bulan. Ini tidak lain tujuannya untuk meramaikan Car Free Day di Kota Bengkulu dan mensukseskan Wonderful Bengkulu 2020,” tutup Hamka.

Penuh Keceriaan Orang Tua dan Anak

Bengkulu Kids Marathon 2017 memberikan warna tersendiri bagi anak-anak di Bengkulu. Keceriaan dan tawa hingga prestasi berhasil diraih para anak-anak ini dalam ajang Marathon paling bergengsi dan pertama di Bengkulu ini.

Ketertarikan anak terhadap dunia olahraga mulai ditularkan melalui sebuah event yang cukup menarik yaitu Bengkulu Kids Marathon 2017. Sekitar 2.500 anak di Provinsi Bengkulu sembari didampingi orang tuanya begitu antusias serta ceria mengikuti kegiatan Marathon khusus anak yang digelar pertama dan satu-satunya di Bengkulu.

Lihat saja, Kindly Isfahanu Subiantoro (6), dirinya termasuk satu dari ribuan anak yang mengikuti Bengkulu Kids Marathon. Meski baru genap berusia 6 tahun, Putri dari pasangan Yayus dan Subiantoro ini begitu semangat menempuh rute marathon sejauh 800 meter.

Tidak sedikitpun rasa keluh kesah maupun lelah yang terpancar dari wajah Siswi Paud Pembina Kota Bengkulu ini. Dengan kegigihan dan semangat juang meskipun dengan napas yang sedikit terengah-engah, Kindly berhasil meraih juara pertama kategori A Bengkulu Marathon Kids. “Alhamdulillah anak kami juara I Bengkulu Kids Marathon,” ujar Ibu Kindly, Yayus, Minggu (31/12) lalu.

Tidak ada yang spesial dari sosok anak kecil seperti Kindly. Dirinya tak ubah hampir sama seperti anak kecil lainnya.

Keberhasilan tersebut diraih berkat kegemaran Kindly yang rutin berolahraga bulu tangkis. Saking gemarnya berolahraga bulu tangkis hingga membuat anak ini masuk disalah satu club olahraga bulu tangkis di Bengkulu.

“Karena anaknya gemar olahraga jadi fisiknya bagus sewaktu Marathon,” kata Yayus.

Bukan hanya Kindly yang sukses menjadi juara Bengkulu Kids Marathon 2017, begitu juga Ghalih Ibadil Al Kiram (8). Siswa SD 2 Kota Bengkulu ini berhasil meraih Juara I kategori B Bengkulu Kids Marathon.

Ghalih tidak jauh berbeda dengan Kindly, jika Kindly gemar berolahraga bulu tangkis sebaliknya Ghalih lebih gemar berolahraga Taekwondo. Meski memiliki kegemaran olahraga yang berbeda, keduanya sudah membuktikan kalau prestasi bisa diraih jika gemar berolahraga secara teratur. “Saya bangga karena anak saya sampai finis duluan, itu semua berkat Ghalih rutin berolahraga” ungkap Ayah Ghalih, Bambang Budiarto.

Ajang Bengkulu Kids Marathon 2017 digelar oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Harian Bengkulu Ekspress ini bertujuan untuk membuat anak-anak di Provinsi Bengkulu gemar dan rutin berolahraga. Bukan para anak-anak saja yang ikut dalam kegiatan ini, ribuan orang tua dan dewasa juga ikut meramaikan kegiatan ini. Salah satu orang tua yang mengikuti kegiatan Bengkulu Marathon Kids, Nadya (32), dirinya merasa senang bisa mengajak anaknya ikut kegiatan yang mendidik dan menghibur para anak-anak ini.

“Kegiatan ini membuat anak saya senang dan ceria,” ujar Nadya.

Kesenangan dan kecerian tidak hanya sebatas Merathon saja, ribuan anak dan para orang tua juga disuguhkan berbagai kegiatan mendidik lainnya seperti kegiatan flashmob kids dan mengenal jenis fauna seperti reptil, ayam ketawa dan burung love bird. Tidak hanya sampai disana berbagai hadiah menarik juga dibagikan kepada para peserta yang beruntung mulai dari dispenser hingga sepeda anak. Bahkan berbagai stand makanan dan minuman juga disediakan dikegiatan ini sehingga tidak membuat para anak-anak merasa jenuh dan ingin pulang. “Acaranya luar biasa sangat bagus dan menarik,” tukas Nadya. (999)

Kategori B (usia 7-8 tahun)
PUTRA

Nomor dada Nama Juara
0396 Ghalih Ibadil A Kiram I
0381 Rahmat Rian Hanafi II
0393 M. Zhafran Putra III

 

Kategori B (usia 7-8 tahun)
PUTRI

Nomor dada Nama Juara
0308 Veronica B Queerisa I
0200 Queenizza II
0340 Gharni Sha Hu III

 

Kategori A (4-6 tahun)
PUTRI

Nomor dada Nama Juara
1869 Kindly Subiantoro I
0592 II
0970 Althafunisyah Humairah III

Kategori A (usia 4-6 tahun)
PUTRA

Nomor dada Nama Juara
0139 Alif Fitrah Ramadhan I
0140 II
0224 Ersan Farhad Marisi III