Bengkulu Kids Marathon: Rute 800 Meter ‘Car Free Day’

Rute Bengkulu Kids MarathonBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Rute Bengkulu Kids Marathon sudah resmi ditentukan oleh Harian Bengkulu Ekspress berkerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu di jalan poros dua jalur S Parman Kota Bengkulu. Rute untuk peserta nantinya akan start dari depan Frans Furniture menuju simpang Skip memutar kembali ke depan RRI, hingga finish di depan Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu (samping Kantor Kejati Bengkulu).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Ir Budi Djatmiko MM mengatakan, jalur yang akan dilalui oleh para peserta anak-anak dan orang tua pendamping pada tanggal 31 Desember itu nantinya bebas dari kendaraan atau car free day. Untuk itu masyarakat diimbau untuk tidak melewati lokasi tersebut pada saat event Bengkulu Kids Marathon dimulai. “Surat izinnya sudah kita sampaikan ke Polres Bengkulu. Jadi jalan yang dijadikan rute Bengkulu Kids Marathon akan ditutup oleh kendaraan,” ujar Budi kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (27/12).

Budi menjelaskan, upaya bebas dari kendaraan jalan berlangsungnya event tersebut sangat penting untuk dilakukan. Sebab jika tidak ditutup untuk kendaraan, akan sangat membahayakan para peserta yang terdiri dari anak PAUD, TK dan SD ini.

Bebas kendaraan itu direncanakan akan dimulai pada hari Sabtu 30 Desember 2017 pukul 20.00 WIB, untuk jalur tepat di depan Gadung RS Kota Bengkulu. Namun untuk di depan Frans Furniture masih akan dibuka bagi pengendara. Jalur II Jalan S Parman itu akan ditutup total pada pukul 05.00 WIB sampai dengan acara selesai. “Pengendara nanti akan diarahkan untuk menggunakan jalan Sawah Lebar, Simpang Lima dan jalan Skip,” paparnya.

Tidak hanya itu, nantinya petugas lalu lintas dari Polres Bengkulu dan dibantu oleh petugas Dishub akan mengarahkan para pengendara yang melalui jalur II Jalan S Parman Kota Bengkulu. Masing-masing petugas akan di tugaskan menjaga jalan yang telah ditutup oleh kendaraan. “Petugas nanti akan menjaga di jalur yang ditutup. Untuk itu kami minta kepada masyarakat untuk bersabar menggunakan jalan lainnya. Ketika acara selesai, maka akan langsung dibuka oleh petugas dari Polres Bengkulu,” tambah Budi.

Sementara itu, Event Organaizer (EO) Harian Bengkulu Ekspress, Rahmat mengatakan, peserta dari anak-anak nanti akan mulai starnya sekitar pukul 06.00 WIB. Masing-masing peserta yang didampingi orang tua  atau pendamping memiliki tugas untuk menyelesaikan misi sampai ke finish.

“Jadi semua perserta anak-anak kita minta bisa sampai finish,” terang Rahmat.

Peserta anak-anak yang dibagi dengan dua kategori A umur 4-6 tahun dan katagori B 7-8 tahun itu, siapa peserta yang tercepat akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah, piala gubernur, mendali dan sertifikat. Di kategori A diambil juara 1 sampai juara 3, begitupun dengan kategori B juga diambil juara 1 sampai 3. “Masing-masing juara akan mendapatkan hadiah yang berbeda-beda,” tambahnya.

Namun yang tidak bisa berhasil juara 1 sampai 3, tidak perlu harus kecewa. Karena panitia telah menyiapkan medali untuk 1.000 peserta yang berhasil sampai finish. Tidak hanya itu, semua peserta akan mendapatkan sertifikat yang langsung ditandatangani oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Bunda PAUD Provinsi Derta Wahyulin Rohidin.

“1.000 peserta kita siapkan medali dan kita pastikan semua peserta dapat sertifikat,” papar Rahmat.

Tidak hanya itu, nomor dada yang sudah diambil peserta dan orang tua pendamping juga akan membawa keberuntungan. Pasalnya, panitia akan memberikan doorprez yang diundi melalui nomor dada masing-masing peserta. Hadiahnya mulai dari sepeda, buku pelajaran, dan hadiah menarik lainnya. Peserta juga akan dihibur dengan drumband, atraksi komunitas reptil Bengkulu, flashhome kids, istanah balon, costplay dan hiburan anak lainnya. “Jadi yang belum daftar atau belum mengambil nomor dada, silah untuk datang ke Graha Pena Bengkulu Ekspress Jalan Skip Kota Bengkulu,” pungkasnya. (151)