Bengkulu Ekspress Sabet Juara 1 Fotografi

rio_susanto_fotografi_terbaikBENGKULU, BE – Harian Bengkulu Ekspress (BE) berhasil mendapatkan penghargaan sebagai koran terbaik untuk kategori fotografi. Adalah gambar hasil karya fotografer BE, Rio Susanto, yang membuat koran Barometer Kemajuan Provinsi Bengkulu ini menyabet juara pertama dari kompetisi Product Quality triwulan III Jawa Pos Group tahun 2015 ini.

Bukan kali ini, foto jepretan Rio ini berhasil dilirik untuk menjadi juara. Pada triwulan I lalu, gambar yang ia ambil dari Canon berhasil lolos 10 besar. Nah, fotonya kali ini tampaknya benar-benar memikat lantaran selain ekslusif juga bisa menyihir mata orang melihat untuk tidak berkedip. Hingga, Presiden Komisaris Jawa Pos Azrul Ananda dan Direktur Utama Jawa Pos Suhendro Baromo mau membubuhkan tandatangannya di sertifikat yang bertuliskan nama Rio.

Pengalaman di dunia fotografi menjadi kunci utama ia mampu meraih hal tersebut. Rio yang bergabung di BE sejak 2009 lalu ini menerangkan seorang fotografer yang handal akan bisa menggunakan feelingnya saat memetik lensa kamera. Selain itu, seorang juru foto juga harus mengetahui fitrah manusia sehingga bisa mendapatkan momentum yang pas untuk memotret.

“Selain pengalaman, memperlajari fitrah manusia akan memudahkan kita untuk memilih angle dimana kita harus memotret,” ujarnya.

Ia kemudian bercerita tentang foto yang mengantarkannya menjadi the best fotografer pada kuartal III ini. Foto tersebut diambilnya di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Ketika itu, ada seorang sopir yang meninggal akibat terjatuh dan menyentuh trotoar yang ada di SPBU tersebut.

Tak lama kemudian anak korban datang untuk melihat sang ayah. “Dari sini kan kita pasti feeling, anak tersebut pasti menangis. Nah kita harus bisa menjepret momen ini sembari juga melihat angle yang pas.” Pria kelahiran 1985 tersebut pun berpisah dari rekan wartawan yang lain dan mengambil momen tersebut.

“Yang lain masih di dalam SPBU, saya mengambil dari sudut yang berbeda,” jelasnya.
Sebelumnya, General Manager BE, Sukatno mengapresiasi karya Rio ini. Ia berharap karya ini bisa memacu semangat seluruh wartawan agar terus meningkatkan kualitasnya. Pasalnya, saat ini persaingan di industri media semakin besar saja. “Semoga karya-karya BE yang lain juga bisa juara di kategori lainnya,” kata dia. (609)