Bendahara Sekretariat dan OPD Belum Bersertifikat

PNS KepahiangKEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Bendahara pengeluaran di Sekretariat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepahiang banyak yang belum bersertifikat. Sehingga dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang mewacanakan menggelar pelatihan bagi bendahara pengeluaran diseluruh jajaran Pemkab Kepahiang.

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM mengatakan, sesuai dengan sarana BPK RI Perwakilan Bengkulu agar bendahara dapat memiliki sertifikat guna mendukung profesional dan kelihaian bendara dalam menyusun administrasi keuangan. Maka dalam waktu dekat akan digelar pelatihan.

“Jika kita kirim satu persatu bendaranya keluar untuk pelatihannya maka prosesnya lama, nanti kita datangkan instrukturnya kesini. Khususkan waktu nanti semua bendara harus bisa disertifikasi,” tegas Bupati.

Menurut Bupati, bendahara harus memiliki kemampuan cukup baik dalam menyusun laporan-laporan keuangan. Sehingga proses pengeluaraan anggaran diseluruh instansi dapat diketahui dengan jelas. Agar nantinya tidak menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bengkulu setiap kali melakukan audit penggunaan anggaran di Kabupaten Kepahiang.

“Banyak tidak jelasnya laporan bendahara mengakibatkan laporan itu jadi temuan BPK, sebab banyak adminitrasi yang tidak jelas,” ungkap Bupati.

Pemkab Kepahiang dibawah kendali Hidayatullah Sjahid dan Netti Herawati memang fokus dalam pembenahanan internal. Terutama untuk penataan Aparaturan Sipil Negara (ASN) dengan tujuan agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan dengan baik hingga pembangunan yang dilakukan benar-benar dapat menyentuh masyarakat. “Pembenahan kita mulai dengan memberikan pelatihan kemampuan terhadap ASN, sehingga dengan lebih baiknya kemampuan akan meningkatkan profesionalitas yang tentunya akan berimbas pada perbaikan kinerja,” ujar Bupati. (320)