Benda Purbakala Nyaris Dicuri

menhir
KEPAHIANG, BE – Benda yang diduga peninggalan zaman purbakala milik mantan anggota DPRD Kepahiang Arbi SIP MM nyaris dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Benda purbakala yang nyaris dicuri tersebut yakni berupa kendi utuh yang ditemukan di lokasi tambang galian C milik tersebut. Kejadian ini diketahui pada Sabtu malam lalu.
Disisi lain, Arbi bersedia jika instansi terkait melakukan penelitian terkait benda purbakala yang sudah ditemukannya tersebut.
“Tadi pagi (Kemarin, red) satu kendi penemuan baru-baru ini hampir dicuri, hingga meyebabkan kendi tersebut pecah, padahal awalnya utuh, terus saya beri atap. Mungkin karena oknum tersebut ingin mengetahui apa isi kendi tersebut, ” ujar Arbi kemarin.
Disisi lain, Arbi ingin menginformasikan hal tersebut ke publik, agar Pemkab Kepahiang menanggapi peninggalan purbakala yang terdapat di tambang miliknya tersebut.
“Kalau saya mau diam-diam saja tidak mungkin saya publikasi ke media selama beberapa hari ini, agar Pemkab bertindak mau diapakan penemuan ini, dan saya rela jika beberapa mata kapak dan kendi serta menhir yang ditemukan dibawa dan dimuseumkan, karena ini memang negara punya,” terang Arbi.
Dijelaskannya, sampai dengan saat ini pihaknya sudah mendapatkan sebanyak 4 batu berbentuk mata kapak, 2 batu berbentu mata tombak, 2 menhir serta 1 batu jenis beliung.
“Kalaupun pihak terkait mau mengambil batu yang saya temukan ini, asalkan ada kompensansinya akan saya berikan. Kalau tidak, lebih aman jika batu-batu tersebut saya simpan dirumah saja,” jelasnya.
Terpisah, pihak Dishubkominfobudapar Kepahiang melalui Bagian Purbakala dan Kebudayaan telah melaporkan penemuan benda yang diduga peninggalan zaman purbakal tersebut ke pihak museum dan arkeologi, serta peneliti barang purbakala Universitas Indonesia (UI).
“Memang waktunya lama, karena mereka (UI, red) memiliki tugas, namun kita sudah melaporkan, nantinya untuk diteliti oleh mereka ini penemuan apa, untuk kemudian akan dimuseumkan,” ujar Kasi Kebudayaan Neti Elyani, MM.
Dia menyebutkan, kemungkinan penemuan barang purbakala tersebut dibentuk pada zaman sebelum masehi.
“Kita jadwalkan dalam waktu dekat akan segera diteliti penemuan barang prasejarah ini, dan kemungkinan barang-barang ini dibuat sebelum masehi, total penemuan 13 kendi ukuran besar, 6 mata Kapak buatan, dan 2 menhir yang bergambar ikan,” demikian Neti.(505)