Belum S1, Guru Tak Boleh Mengajar

MUKOMUKO, BE – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, melalui Kasi Pendidikan Madrasyah, Syukron menyampaikan, bagi tenaga guru yang belum mengantongi ijazah strata satu (S1), tidak dibolehkan lagi mengajar. Tenaga itu nantinya akan ditugaskan di struktural atau tenaga administrasi atau non guru. “ Hingga Desember Tahun 2015 ini. Guru yang belum S1 akan ditugaskan di bagian administrasi,” ujarnya.
Ini berdasarkan peraturan yang berlaku untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan guru tersebut. Untuk pemindahan nantinya, kata Syukron, tidak serta merta tenaga guru yang belum S1 itu dipindahkan atau dikeluarkan dari sekolah yang sebelumnya. Tetapi, eks guru itu bisa tetap bertugas di sekolah sebelumnya dan sebagai tenaga administrasi atau non guru. Jumlah guru yang terancam tidak dibolehkan lagi mengajar tidak banyak.
“ Ada sekitar beberapa orang saja. Seperti dulunya guru itu tamatan PGA,” bebernya.
Di sisi lain, Syukron menyampaikan , jajarannya tengah melakukan pendataan guru PNS dan non PNS, untuk mengikuti tes sertifikasi. Syaratnya, diantaranya telah bertugas sejak Tahun 2005 lalu secara berturut – turut atau tidak terputus. “Saat ini tengah kita data dan verifikasi,” ujarnya.
Tenaga PNS di jajaran Kemenag sebanyak 110, 90 guru telah bersertifikasi. Sedangkan jumlah guru non PNS 415, yang telah bersertifikasi sekitar 65 orang. “ Harapan kita lebih banyak guru yang sudah bersertifikasi lebih baik. Selain mutu pendidikannya lebih baik. Kesejahteraan tenaga guru pun lebih meningkat,” demikian Syukron. (900)