Bekraf Dorong Pelaku UKM Bengkulu Jajaki Ekonomi Kreatif

Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf), Endah Wahyu Sulistianti, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati foto bersama peserta FGD, Senin (17/07/2017).
Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf), Endah Wahyu Sulistianti, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati foto bersama peserta FGD, Senin (17/07/2017).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus mendorong para pelaku usaha mikro menengah (UKM) di Bengkulu untuk menjadi pelaku ekonomi kreatif. Demikian disampaikan Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf), Endah Wahyu Sulistianti di acara pembukaan Forum Group Discussion (FGD) Identifikasi Potensi dan Perumusan Kerjasama dalam Pengembangan Ekonomi – Ekonomi di Provinsi Bengkulu, Senin (17/07/2017).

“Tujuan Bekraf itu menaikkan level UKM menjadi ekonomi kreatif. Itu sudah kelas yang sangat update dan punya nilai tambah yang lebih, karena disitu ada intelektual properti yang menempel,” terangnya.

Dikatakannya, Batik Besurek merupakan salah satu produk lokal Bengkulu yang berpotensi menjadi produk ekonomi kreatif yang bisa go internasional. Hanya saja diperlukan perumusan strategis untuk menjadi produk tersebut dapat diekspor.

“Dengan berbagai intervensi dari desainer, orang – orang lokal diajari untuk bisa meningkatkan produksi sehingga produk lokas bisa dieskpor,” ungkapnya.

Anggota Komisi X DPR RI, Dewi Coryati dalam kesempatan yang sama mengatakan, FGD  dilaksanakan dengan mengajak seluruh pelaku usaha di Bengkulu untuk merumuskan bagaimana cara meningkatkan ekonomi dengan sentuhan Рsentuhan kreatifitas.

“Diharapkan nanti para pelaku ekonomi dan pemangku kepentingan dapat merumuskan secara bersama – sama. Sehingga apa yang kita cita – citakan bisa tercapai,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang membuka kegiatan FGD berharap forum seperti ini dapat menghasilkan rumusan rencana strategis pengembangan ekonomi kreatif di Bengkulu.

“Paling tidak melalui forum seperti ini dapat diidentifikasi kebutuhan pelaku usaha itu apa, permasalahannya apa, bentuk kerjasama apa yang bisa dibangun, serta lembaga supporting apa yang didirikan, sehingga perkembangan ekonomi kreatif bisa terarah,” harapnya. (Dil)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*