BEI: Untungnya Menabung Saham

REWA/BE Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Bengkulu, Early Saputra saat menyampaikan materi pada Investor Gathering Bengkulu di Hotel Santika Bengkulu, Jumat (22/9).
REWA/BE Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Bengkulu, Early Saputra saat menyampaikan materi pada Investor Gathering Bengkulu di Hotel Santika Bengkulu, Jumat (22/9).

BENGKULU, BE – Banyak masyarakat ragu berinvestasi di Pasar Modal, padahal prospek investasi di Pasar Modal sangat bagus. Melalui program menabung saham, Bursa Efek Indonesia (BEI) memberitahu kelebihan dan keuntungan menabung saham.

Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Bengkulu, Early Saputra mengatakan, ada banyak pilihan dalam berinvestasi, seperti memiliki emas, membeli properti, membuka tabungan, atau menempatkan dana di deposito. Berinvestasi di pasar modal juga termasuk salah satunya. Investasi di pasar modal memang sangat menggiurkan. Return yang diperoleh paling tinggi daripada pilihan investasi yang lain.  Namun, tingkat risiko yang ditanggung pun juga terbilang tinggi.
“Walaupun risiko tinggi, kalau tujuannya adalah menabung saham, maka hasilnya akan terasa dalam puluhan tahun mendatang,” ungkap Early pada Investor Gathering Bengkulu di Hotel Santika Bengkulu, Jumat (22/9).

Early menjelaskan, dibandingkan instrumen investasi yang selama ini telah dikenal masyarakat, investasi di pasar modal dengan membeli saham jauh lebih menguntungkan.
“Karena return yang diberikan mampu menyaingi tingkat inflasi, berbeda dengan tabungan yang selalu tergerus oleh Inflasi,” jelas Early.

Early menambahkan, meskipun tidak stabil alias harganya berubah-ubah, saham yang bagus mempunyai nilai yang terus melonjak. Paling rendah return rata-rata saham setiap tahunnya sekitar 12%.
“Kalau ditunjang dengan kondisi perekonomian dan pasar yang baik, return rata-ratanya bisa mencapai 20%. Cobalah biarkan saham selama 10 tahun,” tambah Early.

Early mengatakan, jika dibanding-bandingkan, bunga dari tabungan masih kalah dengan besaran inflasi. Itulah kenapa lebih baik berinvestasi saham. Perlahan-lahan tapi pasti, selalu membeli saham yang bagus tak ubahnya sama dengan menabung.
“Tapi, menabung saham memberikan nilai lebih dari sekadar nilai tabungan biasa,” tutupnya.(999)