Begini Depresi Mempengaruhi Masing-Masing Kelompok Usia

In Berita Utama, Kesehatan, Lifestyle

Wanita

Apr 9, 2017 @ 15:00

jpnn.com – Depresi adalah mimpi buruk semua orang, tidak peduli berapa usia Anda. Bagaimana Anda memanifestasikannya, bisa tergantung pada tahap kehidupan Anda.

Tanda-tanda kondisi kesehatan mental ini yang memengaruhi sekitar 350 juta orang dari segala usia di seluruh dunia, bisa tampak berbeda ketika Anda masih muda dibandingkan dengan ketika Anda tua.

“Depresi adalah sangat kompleks. Orang-orang mungkin tidak terlalu mengerti tentang gejala depresi. Tapi penting untuk mengidentifikasi dan mencari bantuan profesional untuk masalah ini,” kata seorang profesor psikiatri, Dr. Michelle Riba, seperti dilansir laman MSN, Kamis (6/4).

Berikut adalah beberapa cara kondisi kesehatan mental memengaruhi setiap usia berbeda.

1. Anak-anak

“Sekitar 2 persen dari anak-anak sekolah dasar memiliki kelainan depresi,” menurut Riba.

Studi menunjukkan hal tersebut bahkan bahkan bisa dimulai pada saat anak memasuki pra-sekolah.

Orang tua sering salah membaca gejala kesehatan mental pada anak-anak mereka.

Jika seorang anak tampaknya lebih pemarah atau lebih murung dari biasanya dan sering menderita sering sakit kepala, mereka mungkin menghadapi depresi.

2. Remaja

Data menunjukkan bahwa sekitar 11,5 persen remaja telah memiliki setidaknya satu episode depresi mayor pada tahun tertentu dan gadis remaja biasanya mengalami masalah kesehatan mental lebih sering daripada anak laki-laki.

Faktor-faktor seperti intimidasi dan tekanan akademik bisa menambah risiko pengembangan depresi.

Para ahli telah mencurahkan lebih banyak energi dan sumber daya untuk menargetkan dan mengobati depresi remaja, terutama di era digital ini. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berlebihan telah terkait dengan gejala depresi.

3. Orang dewasa muda

Hampir satu dari empat orang dewasa muda telah mengalami setidaknya satu episode depresi.Tetapi untuk sebagian besar, depresi sering muncul di sekitar usia 25 tahun.

Gejala yang paling umum untuk orang dewasa muda adalah perubahan suasana hati atau motivasi.

Mereka juga bisa mengalami efek khas lain seperti kurang tidur, lesu dan tearfulness atau marah.

4. Middle age

Orang dewasa setengah baya mungkin lebih cenderung mengalami depresi karena masalah ekonomi atau isolasi sosial yang lebih besar.

Pengobatan, apakah itu melalui terapi, obat atau kombinasi keduanya, adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi gangguan ini.

5. Orang tua

Orang tua yang berusia 60 tahun biasanya mengalami depresi karena kehilangan pasangan, kesepian atau penurunan fisik umum.(fny/jpnn)

You may also read!

Kisah Miris Bocah 10 Tahun, Puluhan Kali Dicabuli Ayah Tiri

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sungguh malang nasib A (10), warga Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Bocah malang ini

Read More...

Persib dan Persebaya Kena Denda Paling Besar

jpnn.com, JAKARTA – Suporter klub yang melemparkan botol ke dalam lapangan, menyalakan flare, bom asap, ataupun petasan, hendaknya berpikir

Read More...

Tips 10 Kesalahan yang Perlu Dihindari Biar Web Menjadi Populer

jpnn.com, JAKARTA – Situs web saat ini merupakan salah satu platform yang harus dimiliki untuk mengembangkan bisnis dan menjangkau

Read More...

Mobile Sliding Menu