BBM Naik, Harga Sembako Naik

BENGKULU, BE – Kenaikan BBM dari Rp 6.800 menjadi Rp 7.300, berpengaruh terhadap harga bahan Sembako di Pasar Panorama Bengkulu. Kenaikan harga Sembako rata-rata sekitar 5 % dari harga sebelumnya.

Seperti harga eceran beras yang termurah yakni Rp 14 ribu per cupak mengalami kenaikan sekitar Rp 500 dan harga beras dengan kualitas tinggi menjadi Rp 16 ribu per cupak.

“Semenjak BBM naik, harga beras masih tetap stabil tidak terjadi kenaikan yang tinggi, sebab dengan harga stabil seperti ini saja mobil ekspedisi masih banyak yang tidak berangkat,” ujar Sarfendi salah satu pedagang beras.

Sementara itu, menurunnya hasil panen petani membuat harga cabe turut naik pula. Harga cabe yang sebelumnya Rp 18 ribu mengalami kenaikan menjadi Rp 24 ribu per kilo. Untuk harga tomat, naik menjadi Rp 6 ribu dibanding harga sebelumnya yakni Rp 4 ribu.

“Harga mengalami kenaikan mulai dari 2 minggu yang lalu, salah satu penyebabnya karena hasil panen petani yang berkurang, sehingga harga jual harus disesuaikan dengan stock yang ada,” ungkap Darlismani pedagang di Pasar Panorama.

Sedangkan harga bawang merah dari Rp 20 ribu/Kg menjadi Rp 35 ribu/Kg dengan harga grosirnya Rp 26 ribu, dan bawang putih naik Rp 1000 menjadi Rp 16 per kilogramnya.

Sumarni salah satu penjual bawang mengatakan, “Kenaikan harga bawang ini diperkirakan bertahan hingga bulan puasa nanti, karena biasanya tiap tahun seperti itu,” bebernya.

Selain itu, harga ayam di pasar panorama tidak mengalami perubahan harga yakni Rp 28 ribu perkilonya. (cw3)