Baznas Salurkan Zakat Rp 129 Juta

IRUL/Bengkulu Ekspress SALURKAN: Ketua Baznas Provinsi Bengkulu didampingi Ketua Baznas Kaur dan Kepala OPD saat memberikan secara simbolis bantuan zakat kepada penerima di Masjid Al-Kahfi Bintuhan, Rabu (15/11).
IRUL/Bengkulu Ekspress SALURKAN: Ketua Baznas Provinsi Bengkulu didampingi Ketua Baznas Kaur dan Kepala OPD saat memberikan secara simbolis bantuan zakat kepada penerima di Masjid Al-Kahfi Bintuhan, Rabu (15/11).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Kaur menyalurkan zakat Infak dan Sadakah (ZIS) ke 313 penerima yang ada di Kabupaten Kaur, di masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan, Rabu (15/11). Nilainya zakat yang disalurkan mencapai Rp 129 juta, yang diperuntukkan untuk fakir miskin, bedah rumah, peningkatan usaha, dan pembinaan mualaf.

“Kita bersama Baznas Provinsi Bengkulu mebagikan Zis yang bersumber dari Baznas Provinsi sebesar Rp 129 juta, untuk 313 penerima yang tersebar di Kabupaten Kaur,” kata Ketua Baznas Kabupaten Kaur H Wahyu Dasi S PdI kemarin (14/11).

Dikatakan Wahyu, untuk jumlah penerima Zis dana bantuan dari Baznas Provinsi sebanyak 331 orang dengan rincian peningkatan pendidika tingkat SMA 75 orang, SMP 55 orang, SD 35 orang, Bantuan sembako sebanyak 83 orang, Bedah rumah 3 orang, Bantuan peningkatan usaha untuk modal usaha 7 orang, ternak sapi 4 orang, dan Mualaf 19 orang. Besaran bantuan bagi bedah rumah masing-masing diberi Rp 15 juta dengan pemberian dua tahap. Sedangakan untuk pendidikan dan parkir miskin masing-masing diberi Rp 200 ribu per orang. sedangkan untuk bantuan usaha ternak sapi diberi Rp 7,5 juta perorang, untuk usaha laian 3-2 Juta masing-masing.

“Ini khusus untuk bedah rumah setelah penyerapan pembangunan 50 persen maka bantuan tahap dua akan disalurkan kembali. Kita berharap bantuan ini dapat bermafaat untuk si penerima,” harapnya.
Sementara Ketua III Baznas Provinsi Bengulu Indra Utama SE MM, mengatakan ditahun 2017 jumlah ZIS yang terkumpul di baznas Provinsi sebesar Rp 4,5 milar, dari 4,5 M yang disalurkan ke Kabupaten Kaur sebesar Rp 129 Juta, dan untuk tahap kedua masih akan disalurkan Rp 100 juta ke Kabupaten Kaur nantinya.

“Untuk kedepan kita berharap program penyaluran dana zakat ini bisa menjadi agenda rutin yang bisa kita lakukan. Sehingga nanti dana ini benar-benar bisa membantu masyarakat yang kurang mampu,” jelasnya.(618)