Batu Jung Mulai Keropos

KEROPOS  Kondisi batu jung yang saat ini mulai mengalami kerusakan (2)
MAJE,BE-  Salah satu objek wisata Kabupaten Kaur terdapat di Pantai Wayhawang yakni Batu Jung, saat ini kondisinya mulai memperitainkan. Sebab karang yang terdapat pada batu itu mulai keropos dan dalam waktu dekat terancam tumbang. “Padahal batu jung itu salah satu ikon wisata dan merupakan  kebanggan kabupaten Kaur,” ujar Siraj (36), warga Desa Wahyawang.
Ia mengatakan, sejumlah nelayan saat ini sudah tidak berani terlalu lama memancing di sekitaran Batu Jung. Hal ini mengingat diameter bagian bawah batu jung sudah  mengecil dikuatirkan batu itu akan tumbang bila terus terusan dihantam ombak. Apalagi disaat kondisi laut sedang dalam keadan tidak menentu membuat sejumlah nelayan mulai was-was. “Kondisinya sudah memprihatinkan, kami warga sini saja sudah tidak berani terlalu lama di sekitaran batu jung kuatir tumbang,” ujarnya.
Menurutnya sesuai dengan cerita rakyat setempat, batu jung sendiri berasal dari sebuah kapal yang disumpah sipahit lidah dijaman kerajaan beberapa ratus tahun  silam. Saat itu kapal tersebut sedang berlabuh di pelabuhan wayhawang. Namun saat bersamaan melintas sipahit lidah  langsung berteduh disekitaran pantai. Nah saat itulah kemarahan sipahit lidah menjadi sebab berapa kali meminta api namun tidak ditimpali sehingga disumpahi menjadi batu. (618)