Batik Besurek Go Internasional, 300 Ribu Peserta Ramaikan Karnaval

 

BesurekBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Perayaan karnaval batik Internasional 2017 sukses digelar. Sebanyak 300 ribu peserta yang berasal dari pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, serta seluruh perwakilan OPD, swasta, dan semua lapisan masyarakat lainnya melakukan pawai dengan menampilkan kostum-kostum unik dan nyentrik bertemakan batik basurek mulai dari simpang lima ratu Samban menuju lapangan view tower, yang dimulai pada pukul 08.00-12.00WIB, kemarin (6/12).

Karnaval ini dibuka langsung oleh Walikota H Helmi Hasan SE yang didampingi oleh Anggota DPR RI, Susi Marleny Bachsin yang diawali dengan pengibaran bendera sebagai tanda dimulainya pawai. “Karnaval ini sudah kita ada 3 kali berturut-turut, harapan kita nanti ketika sudah 5 kali ini bisa didaftar menjadi agenda nasional secara tahunan yang pelaksanaan akan jauh lebih besar,” kata Helmi.

Tujuannya sangat sederhana, lanjut Helmi, pemerintah Kota Bengkulu hanya ingin Batik Basurek ini dapat dikenalkan oleh Dunia dan dikenal oleh provinsi-provinsi tetangga dan mampu bersaing di pasaran Internasional. “Kain basurek ini adalah batik khusus yang lahir dari Kota Bengkulu, dan punya ciri khas tersendiri sangat berbeda dengan batik-batik daerah lainnya. Oleh sebab itu, batik yang menjadi kebanggaan kita ini bisa dikenal secara nasional dan Internasional,” ungkapnya.

Ia juga berharap, jika tahun ini sudah berhasil mengajak beberapa duta besar negara, maka tahun 2018 mendatang, diharapkan seluruh duta besar lainnya bisa hadir tanpa absen satupun, dengan cara melibatkan Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu RI).

Dalam kesempatan itu, ia juga mohon maaf kepada semua pihak yang merasa terganggu seperti pengguna jalan dengan adanya Karnaval Batik Besurek ke empat ini. Sebab, ini tak lain merupakan upaya pemerintah untuk membangun Bengkulu dan mengenalkan daerah ini ke mata dunia.

“Dengan datangnya tamu dari luar daerah maka ekonomi akan meningkat, masyarakat akan sejahtera,” harapnya. “Kemarin kita melakukan minum kopi di Pantai Panjang, ada juga fashion show. Malam nanti adalah malam puncak yang akan dimeriahkan band lokal tapi terkenal di nasional, Band Cholesterol,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, Syariffudin menerangkan awalnya pihaknya menargetkan jumlah peserta sekitar 20 ribu orang, namun melihat antusiasme masyarakat yang hadir maka diperkirakan sekitar 300 ribu orang peserta. Ditambah lagi ada beberapa daerah luar yang turut berpartisipasi seperti, Jember, Semarang, Baubau, Malang, Padang, Sawahlunto, dan kabupaten tetangga Bengkulu Tengah. Inilah salah satu moment kita untuk memperkenalkan batik ke dunia “Setiap peserta diwajibkan mengirimkan 7 orang berpakaian unik, dan itu diperlombakan dan sudah ada jurinya. Total hadiahnya ratusan juta,” jelas Syariffudin. (805)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*