Batas Tiga Kecamatan Dipasang

TALO, BE– Setelah terjadi permaslahan antara tapal batas (Tabat) tiga kecamatan di Kabupaten Seluma. Akhirnya Bagian Pemerintahan Seluma melakukan pemasangan patok pembatas di wilayah itu. “Patok batas kecamatan dan desa telah dipasang, untuk memperjelas batas wilayah. Warga diharapkan tidak lagi mempermasalahkan soal batas ini,” ujar Kabag Administrasi pemerintahan Drs Eddy Soepriady MSi.
Batas tiga kecamatan tersebut adalah batas Kecamatan Seluma Timur dan Talo adalah di Desa Lawang Antu, dan ini telah dipasang dalam bentuk patok. Kecamatan Seluma Selatan berbatasan dengan Ilir Talo, dan perbatasannya ada di Desa Muaro Air Busuk. Pemasangan batok tapal batas antara desa serta kecamatan dikawasan Seluma Timur, Talo dan Ilir Talo telah dilakukan beberapa hari lalu. “Sebelum pemasangan batok ini harus terlebih dahulu dilakukan kesepakatan antara beberapa warga serta antar kecamatan tersebut,” papar Eddy.
Pemasangan Tabat itu melibatkan Topodam serta BPN Seluma, untuk menghindari terjadinya persoalan dikemudian hari. Tahun 2015 mendatang, Bagian Pemerintahan masih akan melakukan menentukan tapal batas wilayah kecamatan, kelurahan dan desa.
“Tahun depan tetap akan melakukan pemetaan, untuk menetapkan batas wilayah,” jelasnya.
Alasannya, pemetaan itu guna menghitung luas wilayah, jumlah penduduk kecamatan, Kelurahan dan desa. Serta untuk memilah besaran alokasi dana desa (ADD) yang akan dikucurkan untuk tahun- tahun kedepannya. “Alokasi dananya telah dibahas dalam RAPBD untuk tahun 2015 mendatang, dan diharapkan pemetaan wilayah ini akan berjalan lancar,” demikian Eddy. (333)