Baru Dua Pendaftar Pilkades

Setelah dilakukannya pendaftaran ulang Balon Kades di Desa Ujan Panas pada Rabu (2/8) kemarin. Hingga Kamis (3/8) kemarin baru ada dua Balon Kades yang mendaftarkan diri ke panitia Pilkades Ujan Panas
Setelah dilakukannya pendaftaran ulang Balon Kades di Desa Ujan Panas pada Rabu (2/8) kemarin. Hingga Kamis (3/8) kemarin baru ada dua Balon Kades yang mendaftarkan diri ke panitia Pilkades Ujan Panas

CURUP, Bengkulu Ekspress – Setelah dilakukannya pendaftaran ulang Balon Kades di Desa Ujan Panas pada Rabu (2/8) kemarin. Hingga Kamis (3/8) kemarin baru ada dua Balon Kades yang mendaftarkan diri ke panitia Pilkades Ujan Panas.

“Dari laporan yang saya terima hingga siang ini (Kamis siang) baru ada dua Balon Kades yang mendaftarkan diri,” aku Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Drs Darmansyah MM.
Dua Balon Kades yang telah mendaftar tersebut atas nama Sarmidi dan Johan Sapri. Menurut Darmansyah, meskipun hingga Kamis siang kemarin baru ada dua Balon Kades yang mendaftar, namun tidak menutup kemungkinan bertambah, karena menurutnya masa pendaftaran akan dibuka hingga pukul 23.59 WIB Kamis malam.

“Kita akan tunggu hingga pukul 12 malam nanti bila masih ada calon yang mau mendaftar,” tambah Darmansyah.
Untuk berkas yang digunakan sendiri, menurut Darmansyah bisa menggunakan berkas yang sebelumnya mereka gunakan. Karena menurut Darmansyah dua calon yang telah mendaftar kemarin berkas yang mereka gunakan adalah berkas pendaftaran yang sebelumnya mereka gunakan. Dimana menurutnya kedua Balon Kades tersebut mengambil berkas di Dinsos PMD Kabupaten Rejang Lebong.

“Untuk tahapan Pilkades masih tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah kita tentukan,” terang Darmansyah.
Lebih lanjut Darmansyah menjelaskan, setelah ditutupnya masa pendaftaran Balon Kades Ujan Panasa pada Kamis malam tadi, maka menurut Darmansyah hari ini adalah tahapan pemeriksaan dan perbaikan berkas bagi Balon Kades yang telah mendaftar. Sehingga menurutnya bila nanti ada berkas Balon Kades Ujan Panas yang tidak lengkap bisa dilengkapi hari ini.

“Untuk besok (hari) ini jadwalnya pemeriksaan dan perbaikan berkas, sehingga bila ada berkas Balon Kades yang belum lengkap bisa diperbaiki besok,” terang Darmansyah.
Kemudian menurut Darmansyah untuk pelaksanaan Pilkades tahap ke-2 di 5 desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong kemungkinan besar tetap akan dilaksanakan pada 10 Agustus mendatang. Sedangkan untuk pelantikannya dijadwalkan akan dilaksanakan pada akhir Agustus ini.

“Kita berharap tidak ada lagi masalah dalam Pilkades tahap kedua ini, sehingga pelaksanaan Pilkades bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang telah kita tentukan,” harap Darmansyah.
Sementara itu, untuk jumlah total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di lima desa yang akan melaksanakan pilkades serentak, dikatakan Darmansyah mencapai 5.261 pemilih. Menurut Darmansyah, DPT terbanyak berada di Desa Sinar Gunung, Kecamatan Sindang Dataran dengan jumlah sebanyak 2.511 pemilih, kemudian disusul Desa Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi sebanyak 1.290 pemilih, kemudian Desa Turan Baru kecamatan Curup Selatan sebanyak 620 DPT, selanjutnya DesaTebat Tenong Luar Kecamatan Bermani Ulu Raya sebanyak 480 pemilih, sedangkan Desa Ujan Panas merupakan dengan DPT paling sedikit yakni sebanyak 360 pemilih.

“Pelaksanaan Pilkades ini berdasarkan Undang-undang No.6/2014, tentang Desa, yang didalamnya menyatakan bahwa pelaksanaan Pilkades ini dilaksanakan secara serentak dalam satu hari. Sehingga pelaksanaan Pilkades dalam lima desa harus dilakukan bersamaan/ serentak,” ungkap Darmansyah.
Sementara itu, diterangkan Darmansyah, meski pelaksanaan Pilkades serentak mengalami penundaan, namun untuk empat desa lainnya tidak mengalami permasalahan dan tinggal menunggu pendistribusian logistik Pilkades dari Pemkab Rejang Lebong. (251)