Baru 71 Desa Cairkan Dana Desa

Sekretaris DPMPD Kabupaten Benteng, Drs Ansoni (paling kanan) bersama staf mendata jumlah desa yang telah menerima DD tahap 1 tahun 2018.
Sekretaris DPMPD Kabupaten Benteng, Drs Ansoni (paling kanan) bersama staf mendata jumlah desa yang telah menerima DD tahap 1 tahun 2018.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Menjelang pertengahan bulan April 2018 ini, belum seluruh desa se-Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menerima dana desa (DD) tahap I.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Benteng, Drs Ansoni menjelaskan, dari total 142 desa di Kabupaten Benteng penerima DD, baru 71 desa yang sudah bisa merealisasikannya.

“Secara keseluruhan, baru 71 desa yang mencairkan DD tahap I,” ungkap Ansoni.

Mempercepat proses penyaluran anggaran untuk pembangunan tersebut, mantan Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Pemkab Benteng ini mengakui bahwa pihaknya sudah menyampaikan imbauan dan peringatan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) beserta perangkat untuk mempercepat penyampaian persyaratan.

“Semakin cepat persyaratan disampaikan, maka akan semakin cepat pula DD tahap I disalurkan. Hasil pendataan, ada sebanyak 65 desa yang masih dalam proses, yakni menunggu proses penerbitan SP2D dari Badan Keuangan Daerah (BKD) sebagai syarat pengambilan DD di Bank Bengkulu,” imbuhnya.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan, Ansoni mengungkapkan bahwa masih tersisa sebanyak 6 desa yang akan mengalami keterlambatan penyaluran DD tahap I. Yakni, Desa Sukarami, Dusun Baru II dan Desa Padang Tambak Kecamatan Karang Tinggi, Desa Air Sebakulu dan Desa Lagan Bungin Kecamatan Talang Empat serta Desa Sukarami Kecamatan Taba Penanjung.

Keenam desa tersebut sampai saat ini belum melengkapi syarat yang diharus dipenuhi, seperti laporan realisasi DD tahap 2 tahun 2017 serta dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa ) tahun 2018.

“Kami harap, syarat pencairan DD segera dilengkapi. Sehingga realisasi DD bisa dilakukan secara cepat dan tidak mengalami keterlambatan,” tandasnya. (135)