Baru 50 Persen Proyek Dilelang

KOTA MANNA, BE – Meskipun Saat ini sudah pertengahan April, namun masih juga banyak proyek yang belum lelang lewat LPSE. Hal ini diungkapkan oleh Kabag Pembangunan Pemda Bengkulu Selatan (BS), Erawan SE MPHR, kemarin.
Hal ini sangat disayangkannya, pasalnya sebelumnya Bupati BS, H Reskan E Awaludin SE sudah mewarning para kepala SKPD untuk menyampaikan dokumen pengadaan barang/jasa ke Unit Pelayanan Publik (ULP) untuk segera diumumkan. “Sampai saat ini, baru 50 persen proyek yang dilelang,” katanya.
Bahkan dari 50 persen yang sudah ditayangkan tersebut, baru 15 persen yang sudah ada kontraktor pelaksananya. Sedangkan yang lainnya masih proses, bahkan masih ada yang menunggu penawaran dari para kontraktor.
Masih banyaknya, proyek-proyek yang belum lelang, Erawan pun mengimbau agar semua SKPD dapat segera menindaklanjuti himbauan Bupati tersebut agar semua proyek segera dilelang.
“Harapan kami, semua SKPD dapat segera menyampaikan dokumen lelang proyek-proyek yang ada, sehingga kontraktor pelaksananya segera didapat, dan proyek pun dapat tuntas tepat waktu,” harap Erawan.
Sementara itu, Pelaksana Tugas Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) BS, Ir Susmanto MM mengakui sampai saat ini masih ada paket proyek yang belum tender. Menurutnya, paket proyek yang belum tender tersebut hanya 20 paket lagi dan semuanya proyek jalan Hotmix. Adapun total anggarannya dari 20 paket tersebut sebesar Rp 37 Milyar. Hanya saja, sambung Susmanto, meskipun belum tender, saat ini pihaknya sedang dalam proses persiapan. Dirinya pun memastikan akhir bulan ini, ke-20 paket proyek itu sudah ditenderkan.
“Kami targetkan akhir bulan ini semuanya sudah tender dan Mei mendatang, semua paket proyek sudha mulai dikerjakan,” terang Ujang, sapaan mantan Kabag pembangunan pemda BS ini. (369)