Jumat, 21/06/2013 - 11:30 WIB
100 Hari Helmi Linda / Seputar Kota | beonline - Bengkulu Ekspress

Banyak Gereja Tak Miliki IMB

BENGKULU, BE – Gereja-gereja yang ada di Kota Bengkulu kebanyakan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Persoalan ini dikeluhkan oleh BKSAG (Badan Kerja Sama Antar Gereja) kepada Walikota Bengkulu, baru-baru ini. “Persoalan banyaknya gereja yang tak miliki IMB ini hanya salah satu persoalan yang kami hadapi. Kami masih juga menghadapi masalah pemakaman atau kuburan untuk umat nasrani, masalah guru agama nasrani hanya 19 orang yang sudah mendapatkan SK walikota,” kata Sekretaris BKSAG, Haryati Mardalena.
Terkhusus mengenai pemakaman, Haryati berharap kepada Pemda Kota agar akses jalan menuju pemakaman yang berada di Air Sebakul dapat diperbaiki, karena lokasi jalannya belum di aspal.
“Kami juga mengusulkan agar 40 pendeta di Kota Bengkulu juga mendapat uang bantuan seperti para Imam dan Khatib,” harapnya.
Menjawab hal ini, Walikota H Helmi Hasan SE melakukan Sidak (inspeksi mendadak) ke lokasi lahan TPU (Tempat Pemakaman Umum) untuk umat nasrani yang ada di Air Sebakul. Di tempat tersebut, ia berjanji untuk membuatkan selokan dan melakukan pengerasan jalan untuk akses ke kuburan umat nasrani.  “Kita sudah melihat lahannya dan tampaknya perlu ada penambahan lahan. Kami akan melakukan penambahan itu,” sampainya.
Sementara mengenai banyaknya gereja yang belum memiliki IMB, Helmi bilang ia telah menginstuksikan kepada Badan Kesbangpollinmas untuk turun ke lokasi dan meninjau penyebab masih adanya gereja yang belum memiliki IMB.
“Jika syarat- syarat sudah terpenuhi pemerintah tidak boleh menahan mengeluarkan izin. Dan sebaliknya kalau syarat belum dipenuhi, pemerintah tidak boleh mengeluarkan izin. Kesbangpolinmas jangan berlama-lama, lakukan semua sesuai dengan SOP, karena semua agama dilindungi. Jadi pemerintah harus menjamin hak semua setiap pemeluk agama,” ujar Helmi. (009)

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. tq, terimakasi pak Helmi, atas sidak nya

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


enam − 3 =

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved