Banyak Gereja Tak Miliki IMB

In Seputar Kota

BENGKULU, BE – Gereja-gereja yang ada di Kota Bengkulu kebanyakan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Persoalan ini dikeluhkan oleh BKSAG (Badan Kerja Sama Antar Gereja) kepada Walikota Bengkulu, baru-baru ini. “Persoalan banyaknya gereja yang tak miliki IMB ini hanya salah satu persoalan yang kami hadapi. Kami masih juga menghadapi masalah pemakaman atau kuburan untuk umat nasrani, masalah guru agama nasrani hanya 19 orang yang sudah mendapatkan SK walikota,” kata Sekretaris BKSAG, Haryati Mardalena.
Terkhusus mengenai pemakaman, Haryati berharap kepada Pemda Kota agar akses jalan menuju pemakaman yang berada di Air Sebakul dapat diperbaiki, karena lokasi jalannya belum di aspal.
“Kami juga mengusulkan agar 40 pendeta di Kota Bengkulu juga mendapat uang bantuan seperti para Imam dan Khatib,” harapnya.
Menjawab hal ini, Walikota H Helmi Hasan SE melakukan Sidak (inspeksi mendadak) ke lokasi lahan TPU (Tempat Pemakaman Umum) untuk umat nasrani yang ada di Air Sebakul. Di tempat tersebut, ia berjanji untuk membuatkan selokan dan melakukan pengerasan jalan untuk akses ke kuburan umat nasrani.  “Kita sudah melihat lahannya dan tampaknya perlu ada penambahan lahan. Kami akan melakukan penambahan itu,” sampainya.
Sementara mengenai banyaknya gereja yang belum memiliki IMB, Helmi bilang ia telah menginstuksikan kepada Badan Kesbangpollinmas untuk turun ke lokasi dan meninjau penyebab masih adanya gereja yang belum memiliki IMB.
“Jika syarat- syarat sudah terpenuhi pemerintah tidak boleh menahan mengeluarkan izin. Dan sebaliknya kalau syarat belum dipenuhi, pemerintah tidak boleh mengeluarkan izin. Kesbangpolinmas jangan berlama-lama, lakukan semua sesuai dengan SOP, karena semua agama dilindungi. Jadi pemerintah harus menjamin hak semua setiap pemeluk agama,” ujar Helmi. (009)

You may also read!

Diancam Novel, Miryam Langsung Terbayang Anak

jpnn.com, JAKARTA – Mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani mengaku down dan stres ketika diancam penyidik Komisi

Read More...

Balai Rafflesia Diresmikan Gubernur Pada 4 April Mendatang

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jika tak ada aral melintang, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan menggelar acara

Read More...

Pengakuan Yani Gugat Ibu Kandung Rp 1,8 Miliar

jpnn.com, BEKASI – Yani Suryani, 45, menggugat ibu kandungnya sendiri, Siti Rokayah alias Amih, 85, asal Garut, Jawa Barat.

Read More...

2 commentsOn Banyak Gereja Tak Miliki IMB

Comments are closed.

Mobile Sliding Menu