Bando Jamin Sultan Mampu Bangun Bengkulu

Melalui Program Pro Rakyat

BENGKULU, BE – Banyak tudingan politik yang mengarah kepada Cagub Bengkulu Sultan B Najamuddin yang menyatakan Sultan masih muda dan kurang berpengalaman dalam memimpin. Menyikapi hal itu, mantan Bupati Kepahiang Dr H Bando Amin C Kader MM merasa geram dengan isu yang dihembuskan tersebut.
Menurutnya, Sultan sudah berpengalaman bahkan dengan usia yang masih muda, pengalaman Sultan dinilai melebihi rata-rata. Karena itu dia siap menjaminan bahwa Sultan pasti akan membawa kemajuan Provinsi Bengkulu bila nanti duduk menjadi Gubernur Bengkulu selama 5 tahun ke depan.

“Saya yakin Sultan ini bisa membawa Bengkulu lebih maju, banyak yang mengatakan kurang berpengalaman. Saya mantan Bupati Kepahiang siap menjamin kalau anak ini mumpuni. Dan saya yakin dia siap bangun Kepahiang dan Provinsi Bengkulu,” kata Bando di hadapan ratusan camat, lurah dan masyarakat saat malam silahturahmi dan keakraban dirinya di kediaman pribadinya di Kepahiang, Minggu (18/10).

Dalam acara yang dihadiri Sultan dan pasangannya Mujiono itu, Bando mencurahkan isi hatinya yang begitu kecewa lantaran tidak kebagian perahu untuk maju pada Pilgub Bengkulu tahun ini. Dia sangat menyesali proses demokrasi yang berlangsung hanya menyisakan Sultan sebagai putra terbaik Bengkulu yang ikut serta Pilgub dari sederet nama-nama figur yang dinilai sudah matang memimpin, seperti Imron Rosyadi, Ichwan Yunus dan Suherman.

“Kita yang menentukan arah pembangunan Bengkulu karena kita pewaris yang sah Bengkulu ini, kita harus membangun kekuatan sendiri dari orang -orang kita sendiri. Kita tidak perlu impor orang lain karena putra daerah kita masih ada. Terpenting dia orang kita punya kepentingan sama seperti kita membangun Bengkulu. Meski saya terus terang kecewa tidak bisa ikut Pilgub, tetapi tetap takdir karena yang mengatur Allah,” curhatnya.

Karena dirinya tidak bisa ikut serta Pilgub, dia berharap masyarakat Kepahiang jangan sampai kehilangan dukungan politik. Menurutnya, tak ada dia sebagai kandidat cagub, Sultan pun jadi pilihan yang tepat. Apalagi backgorund Sultan sebagai putra daerah yang sudah tahu kebutuhan Bengkulu hingga ke akarnya. Dia pun berani mati mendukung Sultan bersama relawan-relawan yang ia miliki seperti Orang Ingin Bando Menang (OBAMA).

“Ini asli putra daerah yang tidak mengaku-ngaku, pilih itu pemimpin yang secara fakta tahu bukan mengaku-ngaku tahu, mengaku-ngaku bisa. Saya bukan kampanye. Saya dan tim Obama yang berani mati itu siap untuk Sultan. Kecuali kalau Cagub ada 3 atau ada 4 kita bisa milih. Kalau sekarang tak ada pilihan lain selain Sultan. Karena dia bersih dan jauh dari politik transaksional,” paparnya.

Pro Rakyat
Menurut Bando, jika Sultan menjadi gubernur, setidaknya tokoh-tokoh Bengkulu bisa menitipkan ide dan gagasannya untuk program-program membangun Bengkulu. Apalagi program Sultan dinilai pro rakyat seperti penciptaan lapangan pekerjaan baru dan APBD untuk rakyat, pemerataan infrastruktur, peningkatan ekonomi kerakyatan dan sebagainya.

“Sultan itu jaringan yang kuat, dia sudah berhasil menarik bantuan untuk pembuatan pabrik. Satu pabrik saja bisa menarik 50 ribu tenaga kerja baru. Bayangkan kalau setiap kabupaten ada satu pabrik, penyerapan tenaga kerja akan optimal. Imbasnya akan berpengaruh nyata terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dan penurunan kemiskinan,” katanya.

Disisi lain Sultan menuturkan tidak hanya program pro rakyat, dia menyadari pembanguna tidak terlepas oleh SDM-nya. Karena itu jika nanti terpilih dia siap membuat estafet pembangunan dan menciptakan generasi emas pada program pendidikan. Agar potensi daerah setiap kabupaten/kota bisa optimal.
“Pelajar yang cerdas-cerdas kita sekolahkan. Pegawai yang kompeten kita kirim untuk pelatihan sebanyak mungkin agar SDM Bengkulu semakin handal, kreatif dan inovatif,” tukasnya. (400)