Balon Independen Gerilya Cari KTP

mayor david
bakal calon Walikota Bengkulu jalur perorangan atau independen, David Suardi.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dua pasang bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu jalur perorangan atau independen, David Suardi – Bakhsir dan Jahin  Liha Bustami – Khairunisyah  hingga saat ini terus bergerilya mengumpulkan Kartu Tanpa Penduduk (KTP) masyarakat untuk memenuhi syarat pencalonannya. Sebab, fotokopi KTP tambahan ini akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota pada 18-20 Januari ini.

“Sampai saat ini saya masih bergerilya mengumpulkan KTP warga, dan sekarang sudah hampir 90 persen yang terkumpul dari kekurangan, dan itu akan kita cukupkan karena batas akhir sudah semakin dekat,” ujar David Suardi usai mengikuti tes kesehatan di RSKJ Soeprapto Bengkulu, kemarin (12/1).

Untuk diketahui, hasil verifikasi faktual di lapangan pada bulan Desember lalu, KPU Kota telah melakukan rapat rekapitulasi jumlah KTP yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Untuk pasangan David-Bakhsir, dari 23.357 dukungan yang diserahkan ke KPU, hanya 9.511 dukungan  yang MS, sehingga masih kekurangan 12.981 dukungan. Sesuai dengan Peraturan KPU, maka wajib menyerahkan kekurangan tersebut 2 kali lipat dari jumlah kekurangan atau sebanyak 25.962 KTP.

“Target kita akan terkumpul lebih dari 25 ribu KTP. Mungkin sekitar 30 ribu KTP, nanti kita serahkan ke KPU Insya Allah, dan itu masih kita upayakan secara maksimal,” beber David.

Sementara  untuk pasangan Jahin Liha Bustami -Khairunisyah, dari 24.483 dukungan yang diserahkan, hanya menyisakan 4.688 dukungan KTP yang MS. Sedangkan jumlah kekurangan sebanyak 17.804 KTP dengan total pengembalian 2 kali lipat, maka harus menyerahkan 35.608 KTP.

Namun, Jahin optimis bisa mengumpulkan dukungan tersebut sehingga lolos menjadi calon perorangan.  Ia mengaku jumlah KTP yang dikumpulkan hingga saat ini sudah mencapai 34 ribu lembar, dan jumlah itu akan terus bertambah setidaknya mencapai 40 ribu KTP, sehingga tidak terjadi kekurangan lagi pada saat penyerahan ke KPU.

“Kita tinggal sedikit lagi untuk memenuhi permintaan KPU, saat ini sudah terkumpul 34 ribu lebih dan tinggal sekitar seribuan lagi untuk mencapai total kekurangan,” kata Jahin.

Menurut Jahin, pihaknya tidak sembarangan mengambil KTP dari masyarakat, melainkan seluruh KTP yang terkumpul saat ini sudah berdasarkan persetujuan dari pemilik KTP. Sehingga ia optimis akan lolos dalam masa perbaikan.

“Kita berusaha tidak mengambil KTP PNS, Polisi maupun TNI. Kita pastikan seluruh KTP itu adalah KTP elektronik. Selain itu, kita jamin tidak ada KTP ganda dan sebagainya. Hingga saat ini tim kita masih  menjalar di kelurahan-kelurahan,” tandasnya. (805)

Jumlah Kekurangan KTP Balon Independen :

Nama Pasangan        Dukungan Awal    MS     TMS Tambahan

David-Bakhsir           25.962                  9.511    12.981 25.962

Jahin-Khairunisyah 24.483                  4.688    17.804 35.608