Balai Sumatera Sidak Sumber PDAM

pdam_air_keranLEBONG UTARA, Bengkulu Ekspress – Terkait rencana adanya penambahan intake Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tebo Emas (TTE) Lebong, Wakil Bupati Lebong Wawan Fernandez SH MKn bersama Direktur PDAM Tirta Tebo Emas, dan Balai Wilayah Sungai Sumatera VII, Sekretaris dan Kabid Cipta Karya, Selasa (8/11) melakukan pengecekan dan inspeksi mendadak ke titik nol pembangunan sumber mata air sungai Udik di Desa Ladang Palembang. Hal ini untuk pembangunan 1 intake air yang berada di Ladang Palembang.

“Ini langkah awal kita dalam merealisasikan Lebong bebas krisis air bersih,” kata Wakil Bupati Lebong Wawan Fernandes.

Selain itu, Dirut PDAM TTE Lebong, Sopian Razik mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan Balai Wilayah Sumatera VII serta Dinas PU Lebong melakukan pembangunan intake air yang ada di Kabupaten Lebong. Kemudian tahapan selanjutnya baru dilakukan tender, yang nantinya akan di lakukan tahapan lelang guna mempermudah dalam pengerjaannya.

“Semoga ini langkah awal kita dalam mendukung 16 program perioritas Bupati Lebong, salah satunya adalah lebong bebas krisis air bersih. Tentu, tak lain ini  juga demi mencapainya kebutuhan masyarakat itu sendiri,” ungkap Sopian.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Fahrul Razi ST mendukung upaya PDAM TTE Lebong tersebut, Pada tahun anggaran 2017 mendatang. Akan diupayakan dukungan Dana Daerah untuk Urusan Bersama (DDUB) sekitar Rp. 2 Milyar yang di ajukan bidang CK baik melalui APBN maupun APBD Lebong.

“Tahun depan (2017, Red) keseluruh DDUB (Dana Daerah untuk Urusan Bersama) kalau tidak salah akan diajukan sekitar Rp 2 miliar. Mudah-mudahan saja nanti bisa diakomodir,” demikian Eji sapaan akrabnya.(777)