Baksos Sentuh Ribuan Warga

Ari, bupati bersama ketua TP PKK Rejang Lebong saat meninjau kegiatan baksos di Kecamatan Kota Padang kemarin (1)

CURUP, BE- Selama tahun 2014 ini, ribuan warga Rejang Lebong menikmati langsung program Baksos yang dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong bersama TP PKK dan dinas intansi lainnya.
Menurut Ketua Pelaksana kegiatan Baksos yang juga Ketua TP PKK Rejang Lebong Hj Susilawati SE MM. Kegiatan baksos dan KB Kes sudah menyentuh ribuan Masyarakat Rejang Lebong. Ribuan masyarakat yang tersentuh program tersebut dihitung berdasarkan jenis pelayanan yang diberikan.
Menurut perempuan yang akrab disapa Ibu Sus ini, untuk pelayanan kesehatan gratis telah melayani 1.736 orang, kemudian untuk pelayanan KB sebanyak 1.735 Aseptor. Sementara itu untuk paket sembako telah diberikan kepada 419 orang. Potong Rambut kepada 373 anak, pemberian seragam untuk siswa SD sebanyak 84 seragam sekolah, beasiswa diberikan kepada 240 pelajar dan program minum susu bersama telah dilakukan kepada 1.200 pelajar. Sementara itu untuk sektor pertanian telah diberikan bantuan sebanyak 70 paket bibit pertanian dan 28 paket bibit ikan. Selain beberapa program tersebut beberapa program lain yang dilaksanakan setiap ada kegiatan Bakti Sosial.
“Data yang saya sampaikan tersebut belum termasuk dengan kegiatan Bakti sosial hari ini,” ungkap Hj Susilawati saat penutupan kegiatan Bakti Sosial, KB Kesehatan dan Tabligh Akbar di SD 02 Kota Padang yaitu di Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang.
Lebih lanjut Ibu Sus berharap, dengan adanya kegiatan Baksos ini diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat pada lintas sektor. Sementara itu untuk sasaran kegiatan itu sendiri adalah keluarga, rumah tangga dan kader KB sendiri. Sementara itu, dalam mendukung suksesnya kegiatan Baksos dan KB Kes yang dilaksanakan tersebut, pihaknya menggandeng beberapa pihak terkait baik dari pemerintahan seperti dinas maupun BUMN, BUMD dan swasta. Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam setiap kegiatan Baksos ia bersama Bupati Rejang Lebong selalu turun langsung. Sehingga kegiatan tersebut benar-benar dilaksanakan.
“Untuk tahun 2014 ini pembukaan kita laksankan pada tanggal 26 September lalu di Bermani Ulu Raya, bertepatan dengan hari kesatuan gerak PKK,” tambah Ibu Sus.
Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK juga berpesan kepada masyarakat Kota Padang untuk membantu perkembangan anak-anaknya. Ia berharap agar anak-anak yang ada di Kota Padang tidak terjerumus pada Pergaulan bebas dan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.
“Tolong anak-anak kita dipantau pergaulannya, karena jangan sampai kita menyesal dikemudian hari,” harap Susilawati.
Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM menjelaskan. Kegiatan Baksos yang dilakukan tersebut merata diseluruh kecamatan yang ada di kabupaten Rejang Lebong. Bahkan menurut bupati dalam satu kecamatannya ada yang dilakukan lebih dari dua kali.
“Insya Allah, kegiatan ini akan kembali kita lakukan pada tahun 2015 mendatang,” ungkap bupati.
Dalam kesempatan tersebut, bupati juga menjelaskan terkait dengan pembangunan infrastruktur yang ada di Kawasa Lembak. Menurut bupati sepenuhnya pengerjaan proyek yang ada di Lembak di serahkan kepada orang lembak. Namun terkait dengan penyelesaiannya tergantung akan niat pemborong tersebut. Oleh karena itu bupati menjelaskan bila proyek tersebut tidak selesai atau bermasalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab masyarakat lembak.
Sementara itu, terkait dengan permintaan sejumlah warga terkait pembangunan jalan di wilayah Lembak khususnya di Kota Padang. Bupati menjelaskan ada beberapa jalan yang sudah mereka anggarkan pada tahun 2015 ini, namun tidak semua permintaan warga bisa diakomodir karena ada sebagian permintaan warga menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi Bengkulu.
“Untuk pembangunan jalan dari Kota Padang ke Kota Padang baru sudah kita konsep dan kita ajukan ke Dewan. Sekarang tinggal setuju atau tidaknya tergantung dari dewan. Namun kita berharap bisa disetujui karena salah satu Wakil Ketua DPRD dari Kota Padang ini,” jelas Bupati.
Dalam kesempatan tersebut bupati juga menghimabu epada masyarakat Kota Padang untuk bisa menjaga keamanann yang ada.
karena menurut bupati kunci dari semuanya adalah keamanan. Saat kondisi suatu daerah aman, maka investasi akan masuk dan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi daerah tersebut.(251)