Ayo..! Saksikan Wayang Kulit ‘Sirnaning Angkara Murka’

WayangMalam Ini di Sport Center

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Wayang kulit semalam suntuk bertajuk ‘Sirnaning Angkara Murka’ dengan dalang Ki Dwijo Kangko di lapangan Sport Center Pantai panjang, Kota Bengkulu akan digelar malam ini (15/12).

Selain untuk memperingati HUT Provinsi Bengkulu ke-49, pagelaran wayang ini juga untuk melestarikan budaya serta memberikan hiburan kepada masyarakat Bengkulu.

“Persiapan pagelaran sudah mencapai 100 persen, mulai undangan, tenda serta perangkat kesenian. Untuk personel dan dalang akan tiba pagi besok,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs. Ade Erlangga M.M.Si melalui Kabid Kebudayaan, Zahirman Aidi M.TPd, kemarin.

Dijelaskan, selain sebagai memberikan hiburan rakyat, pagelaran wayang ini juga untuk memperkuat kerukunan, saling memahami dan kebersamaan sebagai modal menumbuhkan keharmonisasian dalam bermasyarakat.

Lakon Sirnaning Angkoro Murko (Brubuh Alengko) akan bercerita tentang perjalanan pramu rama wijaya yang mengemban tugas menjadi duta keadilan dan kebenaran, yaitu membasmi angkara murka agar dunia bisa aman, tenteram dan damai.

Untuk itu, berangkatlah Pramu Rama ke Negara Alengka untuk menaklukkan Raja Alengka yang menjadi sumber angkara murka. Dalam rombonganya, Prabu Rama mengajak serta Kyai Semar untuk meminta bimbingan dan petuah agar bisa melaksanakan tugasnya dan para kera.

Akhirnya, Pramu Rama Wijaya pun dapat melaksanakan tugas dengan sempurna dan tuntas dengan membunuh raja angkara yaitu Prabu Dasamuka, sang raja alengka.

Pagelaran wayang kulit ini dibuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya.

“Saya mengharapkan masyarakat Bengkulu hadir dan menyaksikan pagelaran wayang kulit ini,” tutupnya. (247)