Australian GP Gila! Marquez Juara dengan Superdramatis, Burung Pun jadi Korban

Marquez rides his bike during a free practice session at the MotoGP World Championship at the Losail International circuit in Doha

PHILLIP ISLAND – Luar biasa, balapan MotoGP seri ke 16 yang digeber di Sirkuit Phillip Island, Minggu (18/10) siang WIB berlangsung superketat, supertegang dan superdramatis.

Empat rider, Marc Marquez (Honda), Jorge Lorenzo (Yamaha), Andrea Iannone (Ducati) dan Valentino Rossi (Yamaha) tampil all out memicu adrenalin penonton.

Sejak awal race, 6 pembalap langsung menjanjikan pertarungan ketat. Empat rider tadi, plus Dani Pedrosa (Honda) dan Cal Crutchlow (LCR Honda).

Iannone melejit ke depan. Ducati-nya tampak galak. Marquez dan Lorenzo diasapi. Namun belum dua lap, terjadi insiden yang menyebabkan posisi Iannone melorot ke tempat kedua.

Usai melahap tikungan, Iannone dikejutkan dengan burung yang tiba-tiba sudah berada di depan matanya. Burung pun menabrak helm Iannone. Sang rider kaget, konsentrasinya hilang sejenak. Burung putih itu tampak tergeletak di lintasan, besar kemungkinan tewas di tempat.

Sementara posisi pertama harus direlakan Iannone kepada Lorenzo yang cepat memanfaatkan kesempatan.

Namun itu tak lama, Iannone kembali memimpin. Empat penunggang Kuda Besi yang disebutkan pertama di atas, akhirnya membuat jarak dengan kelompok kedua.

Lorenzo akhirnya terdepan. Sementara Iannone, Marquez dan Rossi benar-benar bertarung habis-habisan. Iannone dan Marquez lebih sering saling salip-salipan. Sedangkan Rossi tampak lebih kalem, namun tetap merapat dengan rider ketiga, entah itu Marquez maupun Iannone.

Sesekali Rossi menyalip, namun dengan cepat, khususnya Iannone, selalu membalas.

Sementara tiga rider mati-matian, Lorenzo ganteng di depan. Namun tak ada yang abadi.

Pelan dan pasti, persaingan sengit tiga pembalap justru membuat jarak mereka dengan Lorenzo bertambah dekat.

Puncaknya terjadi pada lap ke-17, Marquez akhirnya melewati Lorenzo. Eit, tapi Lorenzo tak menyerah. Dan duo rider lainnya Iannone dan Rossi juga tak mau kalah. Huuuhhh…

Marquez dan Lorenzo duel. Iannone dan Rossi pun duel. Tiga lap terakhir, Marquez akhirnya leading. Sementara Iannone yang berjuang mengejar Lorenzo juga terus dikejar Rossi.

Marquez yang dari merajai 3 dari 4 latihan bebas, akhirnya menjadi juara dalam balapan yang superseru ini. Lorenzo di tempat kedua, dan Iannone berhasil mengatasi Rossi.

Menakjubkan. (adk/jpnn)

Hasil MotoGP Australia (10 Besar)
1. M. MARQUEZ 40:33.849
2. J. LORENZO +0.249
3. A. IANNONE +0.930
4. V. ROSSI +1.058
5. D. PEDROSA +5.062
6. M. VINALES +6.800
7. C. CRUTCHLOW +9.375
8. P. ESPARGARO +18.401
9. A. ESPARGARO +20.039
10. B. SMITH +20.657