Astra Motor Gelar Kontes Teknikal Tingkat SMK


BENGKULU,BE– Bukan hanya mekanik di bengkel resmi sepeda motor Honda, Astra Motor juga menggelar kontes teknikal pada siswa SMK. Kontes ini menguji kompetensi para siswa sesuai dengan kurikulum SMK yang dipelajari di sekolah yang menjadi binaan Astra Honda, baik dari pengenalan tools dan komponen, pemasangan dan pelepasan komponen, serta menguji kemampuan trouble shooting sepeda motor Honda berteknologi injeksi.

“Dengan semangat Satu Hati, kami berkomitmen untuk mendukung dunia pendidikan melalui program kontes ini. Kami harapkan dengan diadakan kontes ini dapat memacu semangat para siswa SMK untuk terus meningkatkan konpetensinya di bidang otomotif sepeda motor Honda sehingga ke depannya dapat menjadi tenaga ahli di dunia kerja maupun berwirausaha. Kami pun memfasilitasi siswa-siswa berprestasi dari lulusan SMK Binaan Honda untuk ikut bergabung di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS),” jelas Suwanto, Technical Service Sub. Dept. Head Astra Motor Region Bengkulu.

Kontes ini memiliki dua tahapan yang harus diikuti peserta. Tahap pertama yaitu tes teori dan tes meja. Lalu tahap dua atau final berupa tes troubleshooting motor Honda. Khusus mulai tahun ini diselenggarakan di SMK binaan Astra Honda yang di Provinsi Bengkulu ada 7 SMK dan tahun ini diadakan di SMKN 7 Rejang Lebong. Harapannya masing-masing sekolah bisa saling tukar menukar informasi atau studi banding untuk pengembangan SMKnya.

Hadiah uang tunai dan piala telah disiapkan oleh Astra Motor Bengkulu untuk tiga kontestan terbaik. Untuk juara satu berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000, juara 2 sebesar Rp 750.000 dan juara 3 sebesar Rp 500.000 ditambah hadiah tambahan dari sponsor. Selanjutnya juara satu akan maju ke tingkat nasional bertanding dengan para juara dari masing masing provinsi seluruh Indonesia di Jakarta pada bulan Agustus 2017.

Setelah event ini Astra Motor akan juga keliling ke SMK binaan menyelenggarakan Servis Gratis dan kuliah umum dengan judul “Soft Skill untuk Sukses Karir dan Berwirausaha” yang dimana materi akan dibawakan langsung oleh Bapak Suwanto. (rls)