Astra Motor Bengkulu Gelar Workshop dan Pelatihan Menulis

Diikuti 30 Perwakilan Komunitas Pengguna Motor Honda

Pelatihan Honda
Astra Motor Bengkulu selain selaku Main Dealer dan retail sepeda motor Honda di provinsi Bengkulu mengadakan workshop jurnalis online dan sosialisasi website. www.hondacommunity.net, dengan mengundang Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Bengkulu Ekspres, Iyud Dwi Mursito dan AE BE Online Zarkoni, di Cafe Bombaru, Sabtu (25/3). (Foto IST/BE)

BENGKULU,BE– Astra Motor Bengkulu selain selaku Main Dealer dan retail sepeda motor Honda di provinsi Bengkulu juga mewadahi seluruh club dan komunitas pengguna sepeda motor Honda mengadakan workshop jurnalis online dan sosialisasi website. www.hondacommunity.net, dengan mengundang Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Bengkulu Ekspres, Iyud Dwi Mursito dan AE BE Online Zarkoni, di Cafe Bombaru, Sabtu (25/3).

Jeffry Mei Gamastra sebagai Head Mark Sub. Dept Astra Motor Bengkulu, mengatakan dilaksanakan acara itu dalam rangka mengasah kemampuan menulis para anggota komunitas, serta mengembangkan eksistensi brotherhood komunitas Honda di dunia digital.

“Sehingga mereka bisa menulis tentang kegiatan yang sudah dilakukan para anggota komunitas. Karena selama ini banyak kegiatan yang tidak terpublilasi,” ujarnya.

Ditambahkan Jefrry, anggota komunitas saat ini sudah disediakan wadah berkarya yaitu www.hondacommunity.net. Sehinga, ketika kemampuan menulis sudah diasah, dapat langsung mempraktekannya.

“Kegiatan para komunitas akan diketahui secara luas oleh masyarakat melalui internet, dan media,” katanya.

Wapemred BE, Iyud Dwi Mursito memberikan rumus menulis secara sederhana bagi pemuda, yaitu dengan teknik 5 W+1 H. Dalam menulis berita atau kegiatan, unsur What, When, Why, Who, Where + How) harus dilengkapi. “Itulah rumus menulis yang menjadi pegangan jurnalis,” katanya.

Kemudian dalam menulis, penulis harus mampu menemukan anggle atau lead berita terbaik, yang biasanya dijadikan awalan tulisan. Hal ini agar tulisan lebih terarah dan menarik untuk dibaca. “Lead juga nantinya akan mempengaruhi pembuatan judul,” katanya.

Sedangkan Manager AE BE Online Zarkoni, menyampaikan cara pembuatan berita onlie, dan agar berita tersebut bisa langsung dinikmati pembaca luas. Dalam workshop ini dilaksanakan secara dialogis, peserta yang berhasil menjawab pertanyaan pemateri mendapatkan hadiah menarik dari Astri Motor Bengkulu (100)