ASITA Siap Jual Potensi Bengkulu

KERTUA DPD ASITA Bengkulu  Kurnia Lesandri, menyampaikan agenda Famtrip di Kota Bengkulu
KETUA DPD ASITA Bengkulu Kurnia Lesandri, menyampaikan agenda Famtrip di Kota Bengkulu

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Menjelang kegiatan Famtrip pada 26 Mei Mendatang, Asosiasi Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Indonesia/ Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Bengkulu menggelar acara sosialisasi dengan mengundang para agen perjalan yang ada di Kota Bengkulu. Sosialiosasi tersebut dilaksanakan di aula Dinas Pariwisata Kota Bengkulu dari pukul 09.00 WIB, membahas kesiapan pelaku usaha wisata dan agen travel dalam kegiatan Famtrip mendatang.

“Kita mengundang para pelaku usaha wisata seperti pemilik penginapan dan hotel, agen perjalanan, pengusaha oleh-oleh dan pelaku usaha wisata lainnya untuk mempersiapkan diri mengenalkan wisata sekaligus usaha mereka,” sampai Kurnia Lesandri didepan tamu undangan kemarin.

Dalam Famtrip yang pertama kali diadakan di Kota Bengkulu ini, Asita mengharapkan semua pelaku usaha dapat mempromosikan usaha mereka dan wisata Bengkulu kepada agen perjalanan lainnya yang tergabung dalam Asita di kota-kota lain di Indonesia.

“Kita mengundang para agen perjalanan yang tergabung Asita di kota-kota lain untuk bertemu para pelaku usaha wisata di Kota Bengkulu, seperti Asita Jakarta, Bandung, Surabaya, Batam, Jogja, Bali, Padang, Pekan baru, Palembang dan kota-kota besar lainnya,” tukas Lesandri.

Pada Famtrip nanti para pelaku usaha dan agen travel dari luar Provinsi Bengkulu dipertemukan langsung untuk berkomunikasi seputar usaha wisata mereka. Pelaku usaha wisata juga diminta untuk membuat semacam brosur dan kartu nama agar mempermuah penganalan usaha mereka.

“Para pemilik penginapan, restoran serta pelaku usaha lainnya agar membuat semacam brosur dan kartu nama pada acara Famtrip nanti,” pinta Lesandri.

Setelah nantinya mengenal Bengkulu dan mendapatkan kesan yang baik maka para pengunjung akan tertarik untuk mengunjungi Provinsi Bengkulu kembali dan menceritakan kepada calon wisatawan lainnya.

Ditambahkan Lesandri selain mengundang para agen travel dari dalam negeri, Famtrip yang diadakan selama 3 hari ini juga mengajak agen perjalanan dari negara Malaysia dan Singpura.
“Nanti Bengkulu juga akan dikunjungi perwakilan dari Malaysia dan Singapura,” tambahnya.

Senada dengan Lesandri, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, Drs Bujang HR mengatakan perlu adanya sinergisitas antara pelaku wisata dan pengusaha untuk meningkatkan kunjungan wisata sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru.

“Bila ada sinergisitas antara pelaku wisata dan pengusaha nantinya bisa menciptakan lapangan kerja baru,” ucap Bujang dalam sambutannya kemarin.

Adapun rangkaian acara Famtrip nanti dimulai dengan welcome dinner dan pertunjukan atraksi budaya dan kesenian Bengkulu seperti musik dol. Kemudian akan dilakukan pertemuan langsung bisnis ke bisnis antara agen dasn pelaku wisata Bengkulu dengan agen-agen tamu dari luar. Setelah itu para peserta diajak city tour melihat potensi wisata yang ada di Bengkulu. (adw)