Aset Daerah Terbengkalai

Aset Daerah Terbengkalai
Aset Daerah Terbengkalai

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemkab Mukomuko memiliki banyak aset, baik itu aset bergerak dan tidak bergerak. Namun banyak pula terdapat aset-aset yang terbengkalai dan nilainya mencapai diatas miliaran rupiah.

Seperti, gedung tortilla yang berlokasi di Desa Kota Praja Kecamatan Air Manjunto yang dibangun menghabiskan anggaran lebih dari satu miliar, PLTMH yang berlokasi di Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya dan banyak aset-aset lainnya yang tidak dimanfaatkan dan terkesan uang rakyat terbuang percuma.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko, Agus Sumarman didampingi Kabid Aset, Budiarto dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (4/4) menyampaikan, aset milik daerah bukan terbengkalai. Tetapi belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Menurutnya, untuk perawatan dan pemanfaatan aset-aset ada di OPD-OPD terkait. Contohnya, gedung Tortilla, ada OPD terkait yang menaunginya dan aset-aset lainnya.

“Untuk pemanfaatan dan perawatan bukan menjadi tanggung jawab BKD dalam hal ini bidang aset. Pihaknya yang mendata dan melengkapi secara administrasi. Untuk penggunaan, perawatan, pemeliharaan dan lainnya adalah OPD-OPD terkait,”jelasnya.

Ia juga menyampaikan, Pemkab Mukomuko tidak asal membangun, tetapi bangunan tersebut benar-benar diperuntukan bagi kepentingan daerah dan masyarakat banyak. Tinggal lagi bagaimana penggelolaannya dengan baik dan berkelanjutan.

“Harapan kita OPD-OPD terkait dapat berfungsi sebagaimana mestinya, khususnya dalam pemanfaatan aset-aset yang ada. Sehingga aset termanfaatan dan tidak terkesan dibiarkan,”demikian Budiarto. (900)