Asessment Dasar Penempatan Pejabat

SERIUS: Para pejabat eselon 3 di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan terlihat serius mengikuti ujian assessment yang digelar Corien Centre di Gedung Pemuda Bengkulu Selatan , Selasa (10/10).
SERIUS: Para pejabat eselon 3 di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan terlihat serius mengikuti ujian assessment yang digelar Corien Centre di Gedung Pemuda Bengkulu Selatan , Selasa (10/10).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspres – Pemda Bengkulu Selatan (BS) sukses mengggelar ujian assessment terhadap 75 pejabat eselon 3 di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan. Kegiatan uji Asessment di gelar Senin dan Selasa di Gedung Pemuda Bengkulu Selatan dengan tim penguji dari Corien Centre Bengkulu. Hasil assessment akan menjadi dasar penempatan pejabat.

“Hari ini (kemarin red) ujian assessment pejabat eselon 3 selesai, hasilnya nanti menjadi dasar Bupati menempatkan pejabat,” kata pelaksana tigas (plt) Sekkab Bengkulu Selatan, H Darmin SE.

Menurut Darmin, dengan telah digelarnya assessment tersebut, saat ini pihaknya menunggu hasil penilaian dari Corien Center. Kemudian hasil penilaian tersebut akan diketahui mana pejabat eselon 3 yang sesuai dengan jabatan yang diembannya saat ini dan mana yang tidak sesuai. Sehingga menjadi pedoman bagi Bupati untuk mengevaluasi para pejabat tersebut dan pada akhirnya menempatkan pejabat yang sesuai dengan jabatan yang akan diembannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya assessment ini, pejabat yang ditempatkan sesuai dengan kemampuannya dan pada akhirnya kinerja dari pejabat tersebut akan semakin maksimal,” ujar Darmin.

Ditambahkan Minarman, Kepala badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkulu Selatan , saat ini pejabat eselon 3 di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan ada 154 orang. Dari jumlah tersebut sebagian sudah mengikuti assessment pada saat mengikuti lelang jabatan eselon dua beberapa waktu lalu, dan dua hari ini ada 75 Pejabat Eselon 3 Ikut assessment. Sehingga masih ada sekitar 30 pejabat lagi yang belum assessment.

“Setelah 75 pejabat yang ikut assessment ini, sekitar 30 lagi pejabat eselon 3 yang belum dan rencananya akan mengikuti assessment pada 2018 mendatang,” ujarnya.

Adapun pejabat eselon 3 yang mengikuti assessment tersebut diantaranya sekretaris dinas dan badan, para Kabag, Camat dan beberapa kabid di organisasi perangkat daerah (OPD). Mereka mengikuti tes psikologi seperti tes potensi akademik, kecerdasan, stamina, minat, bakat, kepribadian, kemampuan umum, kemampuan profesional dan karya ilmiah serta dinamika kelompok, problem solving dan wawancara.

“Setelah hasil assessment nanti turun akan kami serahkan pada Pak Bupati, sehingga bisa menjadi pedoman Bupati dalam evaluasi pejabat eselon 3 diwaktu mendatang,” terang Minarman. (369)