Jumat, 7/12/2012 - 12:58 WIB
Bengkulu Tengah | beonline - Bengkulu Ekspress

APBD 2013, Prioritas Infrastruktur Jalan

TALANG EMPAT, BE- Warga Benteng yang selama ini mengeluhkan jeleknya kondisi jalan, kini bisa bernafas lega. Pasalnya, APBD 2013 tahun depan diprioritaskan untuk membangun sarana infrastruktur, khususnya  jalan dan juga jembatan.
Hal ini diketahui dari pembahasan rancangan APBD di DPRD kemarin.

Pembahasan ini dilakukan oleh Ketua DPRD Benteng, Suharto, SE berserta 15 Anggota DPRD lainnya bersama Assisten II Drs H Ahmadi Hamzah, Kepala DPPKAD Drs H Fajrul Rizki, MM, Kepala Bappeda Edi Hermansyah, PHd.

Menurut Kepala Bappeda Edi Hermansyah, PHd, pembahasan pembangunan di Benteng masih berfokus pada peningkatan sarana infrastruktur jalan, jembatan, lalu kelanjutan pembangunan ibukota pemerintahan. Kedua item pokok itu menjadi prioritas utama pembangunan di Benteng tahun 2013.

“Dana PU yang disiapkan untuk mengerjakan semua program itu senilai Rp 83 Miliar, sekitar 30% dari APBD yang berjumlah sekitar Rp 290 miliar,” kata Edi pada BE kemarin.

Edi menjelaskan Dana PU tahun 2013 mengalami kenaikan. Tahun sebelumnya hanya berkisar Rp 55 M saja, dan tahun ini meningkat hingga Rp 83 Miliar. Kenaikan itu disebabkan ada penambahan DAU (Dana Alokasi Umum) dari pusat.
“Jangan khawatir semua dana itu memang sudah disiapkan khusus untuk rakyat,” kata Edi.

Dilanjutkannya, program pendidikan juga sudah 20% dipenuhi sebagaimana amanat undang-undang. Juga untuk pembangunan sarana lain DPPK (Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan) juga sudah ada. Sumber juga banyak yang berasal dari DAK.

Ketua DPRD Benteng Suharto, SE mengutarakan pembangunan di Benteng memang masih mengutamakan sektor infrastruktur jalan dan jembatan. Karena, perbaikan jalan inilah, yang dianggap paling penting juga sebagai ukuran pembangunan. Manfaatnya, kata Suharto, warga bisa memanfaatkannya maksimal, baik untuk keperluan tani, maupun aktifitas umum lainnya.

“Jalan itu meliputi seluruh jalan di kabupaten, baik jalan kecamatan, juga jalan desa. Pembangunannya juga berjenjang, penetrasi, pengerasan, pengoralan sampai hotmix,” kata Suharto.

Sedang untuk ibukota kabupaten pembangunannya juga dilakukan bertahap, tidak bisa langsung. “Pada pembahasan kemarin, eksekutif dan kami sudah sejalan, saya optimis, pembangunan lebih maju ditahun 2013,” pujinya. (122)

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved