Antisipasi Penyebaran Malaria

Puskesmas Diminta Sosialisasikan Kebersihan Lingkungan

Kasi Penanggulangan Penyakit, Maridon Samosir
Maridon Samosir

BENGKULU TENGAH, BENGKULU EKSPRESS – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) semakin gencar dalam mengantisipasi penyebaran penyakit malaria. Salah satunya adalah dengan memberikan instruksi khusus kepada seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 20 desa se-Kabupaten Benteng agar gencar melakukan sosialisasi. “Puskesmas merupakan perpanjangan tangan Pemda Benteng dalam memberikan pelayanan kesehatan. Termasuk diantaranya dalam mengantisipasi penyebaran penyakit malaria,” kata Kepala Dinkes Benteng, H Dahril Mukminin SKM melalui Kasi Penanggulangan Penyakit, Maridon Samosir, kemarin (5/11).

Menurut Maridon, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), Puskesmas diwajibkan untuk menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada wilayah mereka masing-masing. Melalui kesempatan tersebut, tenaga medis Puskesmas diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menghindari serangan nyamuk penyebab penyakit malaria. “Puskesmas memiliki kesempatan untuk bertatap muka dengan masyarakat melalui Pusyandu setiap 1 bulan sekali. Selain rutin melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil dan balita, tim medis juga diharuskan memberikan sosialisasi untuk hidup bersih dan sehat,” beber Maridon.

Selain terjun langsung ke masyarakat, kata dia, pihak Dinkes Kabupaten Benteng juga akan terus melakukan evaluasi terhadap Puskesmas. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui penyebaran penyakit malaria yang terdapat di Kabupaten Benteng. “Evaluasi dan monitoring memang dilakukan setiap 1 tahun sekali dan menggunakan teknik sampel. Pada tahun 2017 ini, kita melakukan evaluasi terhadap Puskesmas Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi,” bebernya. Dalam pemeriksaan yang dilakukan, Maridon mengatakan bahwa pihaknya juga akan menggandeng tim medis dari Dinkes Provinsi Bengkulu yang juga sekaligus melakukan penilaian terhadap penyebaran penyakit malaria se-Kabupaten Benteng.”Sejak 5 tahun terakhir, Kabupaten Benteng merupakan salah satu daerah yang termasuk kedalam eleminasi malaria, yakni penyebaran penyakit malaria yang sedikit,” demikian Maridon.(135)