Anggaran PU 2 Kali Lipat

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota Bengkulu telah menargetkan, perbaikan jalan dan perbaikan drainase serta trotoar di jalan protokol di tahun 2016 mendatang.   Untuk mendukung realisasi program tersebut, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Bengkulu, telah mengusulkan anggaran di tahun 2016 menjadi 2 kali lipat.  Jika tahun ini anggaran drainase disediakan sebesar Rp 30 miliar dan trotoar sebesar Rp 3 miliar, maka di tahun 2016 mendatang Dinas Pekerjaan Umum mengusulkan Rp 60 miliar untuk drainase dan Rp 6 miliar untuk trotoar.
Sementara itu, dikatakan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota, Nuriansyah, untuk anggaran perbaikan dan pembangunan jalan, dari Rp 75 miliar di tahun 2015, akan diusulkan Rp 150 miliar dalam APBD di tahun 2016.
“2016 mungkin sekitar Rp 150-an miliar itu usulan kita untuk jalan, mudah-mudah teralisasilah,” katanya.
Sementara itu, DPRD Kota akan mendukung target penyelesaian pembangunan yang menjadi skala prioritas pemerintah kota di tahun 2016, terutama pembangunan infratruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat.
“Jadi dengan jalan-jalan kota ini yang belum tersentuh akan menjadi skala prioritas di tahun 2016, untuk trotoar-trotoar memang kita harus sesuaikan jadi sehingga nanti tidak 2 kali kerja, sehingga nanti APBD kita memang terserap, sekali jalan sekali jadi,” ungkap Waka I DPRD kota Yudi Darmawansyah.
Sebelumnya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan juga telah melakukan sejumlah Sidak ke beberapa lokasi pembangunan drainase dan trotoar, dengan pembangunan tersebut selain untuk memfasilitasi dan memberikan keselamatan kepada pejalan kaki, juga untuk menambah keindahan kota. Terlebih, saat ini Kota Bengkulu, telah berhasil meraih prestasi dari bidang lalu lintas, yakni piala penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) yang ke 2 kalinya, sehingga pembangunan tersebut juga menjadi pendukung untuk mendapat piala Kencana ditahun depan.
“Memang perlu banyk percepatan, karena memang masih banyak drainase dan trotoar yang belum diselesaikan. Nah, fungsi kontrol dari dewan, maka kita ajak juga untuk nanti kita lihat sama-sama, sehingga pembangunan ini betul-betul bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat,” tambah Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan. (805)