AMM RL Dukung Pemerintah

Ary, Save Palestine (1)
ARY/BE
Aliya (4) salah satu peserta aksi solidaritas untuk Palestina berdiri paling depan dengan menginjak bendera Israel sebagai bentuk dukungannya terhadap warga Palestina.

Boikot Produk Zionis Israel

CURUP, BENGKULU EKSPRESS – Kecaman terhadap pernyataan Presiden AS yang menyatakan ibukota Israel adalah Yurusalem datang dari berbagai daerah. Kecaman tersebut tak terkecuali datang dari Kabupaten Rejang Lebong.

Hal tersebut ditunjukkan dengan digelarnya aksi solidaritas untuk Palestina yang dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Muslim Rejang Lebong (AMM RL). Aksi solidaritas tersebut dilaksanakan pada Jumat (15/12) siang sekitar pukul 13.30 WIB.

Aksi damai yang diikuti sekitar seribu masyarakat Rejang Lebong dari berbagai kalangan tersebut, dimulai dengan melakukan long march dari Masjid Jamik Kota Curup menuju Pasar Bang Mego. Dalam kesempatan tersebut peserta aksi membawa beberapa spanduk yang bertuliskan kecaman terhadap Zionis Israel dan dukungan terhadap rakyat palestina.

Dalam orasinya didepan masyarakat Rejang Lebong yang hadir tersebut, salah satu orator, Erwanto mengungkapkan, aksi solidaritas yang mereka lakukan sebagai wujud kepedulian masyarakat muslim Rejang Lebong terhadap Bangsa Palestina. Dimana menurut Erwanto, masalah yang sekarang terjadi di Kota lama Yerusalem disebut juga Baitul Maqdis atau Al-Quds bukan hanya masalah Palestina saja.

“Masalah Al-Quds bukan hanya masalah Palestina, namun juga masalah umat muslim dunia, karena disana adalah kiblat pertama umat Islam,” teriang Erwanto.Oleh karena itu, ia mengajak seluruh umat muslim yang ada di Rejang Lebong untuk membela Palestina, terlebih lagi menurutnya saat ini Al-Quds sudah dikuasai oleh Israel. Erwanto juga menyampaikan penolakan mereka atas pernyataan presiden AS yang menyatakan bahwa Yurusalem merupakan ibukota dari Israel.

“Kami mendukung agar Presiden RI memutuskan hungan dengan Amerika Serikat, bila presidennya tidak mencabut pernyataannya terkait dengan Al-Quds,” tambah Erwanto. Diungkapkan Erwanto, salah satu yang bisa dilakukan umat islam untuk memberikan efek jera kepada Israel dan sekutu-sekutunya yaitu mencegah peredaran produk-produk israel dan amerika ditanah yaitu dengan cara memboikotnya.

Sementara itu, salah satu koordinator aksi, Muhammad Suju mengungkapkan kegiatan yang mereka lakukan kemarin merupakan wujud kepedulian masyarakat muslim Rejang Lebong atas Yerusalem. Dimana menurut dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya menyerukan agar Yerusalem timur tetap menjadi ibu kota dari Palestina. “Dengan adanya aksi ini, kita ingin mendukung Yerusalem tetap sebagai ibu kota dari Palestina,” tegas Suju

Dijelaskan oleh Suju, apa yang disampaikan Donald Trump mengenai Yerusalem sebagai ibukota Israel adalah sesuatu yang salah dan memutarbalikkan fakta, oleh karena AMM RL meminta agar presiden AS tersebut mencabut pernyataanya. “Apa yang dilakukan oleh Donald Trump jelas-jelas sudah menantang resolusi PBB dan semua negara menolaknya,” terang Suju

Lebih lanjut ia menjelaskan, AMM RL mendukung penuh kemerdekaan bangsa Palestina. Selain itu pihaknya juga mendukung Pemerintah RI untuk memboikot seluruh produk Israel, AS dan kroni-kroninya. Karena menurut Suju dengan melakukan boikot terhadap produk Zionis Israel maka bisa memberikan efek jera kepada mereka.”Dalam kegiatan ini kita juga melakukan penggalangan dana untuk warga Palestina, dimana nanti bantuan yang berhasil kita himpun akan kita salurkan ke komisi nasional rakyat Palestina,” demikian Suju. (251)