Aksi Donor Darah PSMTI Pecah Rekor, Seminggu Terkumpul 517 Kantong Darah

ERICK/Bengkulu Ekspress DONOR : Masyarakat Bengkulu ketika mendonorkan darahnya di kegiatan PSMTI kemarin KETUA HARIAN : Ketua Harian PSMTI Provinsi Bengkulu Iryanka Aditya
ERICK/Bengkulu Ekspress DONOR : Masyarakat Bengkulu ketika mendonorkan darahnya di kegiatan PSMTI kemarin KETUA HARIAN : Ketua Harian PSMTI Provinsi Bengkulu Iryanka Aditya

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Kodim 0407/Bengkulu, memecahkan rekor donor darah terbanyak dalam sehari yaitu sebanyak 121 kantong darah. Namun, total yang sudah terkumpul saat ini sebanyak 517 kantong dari target 500 kantong selama seminggu pelaksanaan.

Ketua Harian PSMTI, sekaligus ketua kegiatan donor darah, Iryanka Aditya, mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang didapatkannya di Bengkulu ada yang pernah melaksanakan kegiatan donor darah dalam 1 hari mendapatkan kantong darah sebanyak 118 kantong. Sementara dalam kegiatan PSMTI berhasil mendapatkan sebanyak 121 kantong.

“Itu kita sudah memecahkan rekor untuk Bengkulu pendonor terbanyak,” sampaiannya, kepada Bengkulu Ekspress kemarin (14/8).

Sebelum pelaksanaan kegiatan donor darah, pihaknya hanya menargetkan 300 kantong darah untuk disumbangkan. Akan tetapi, dihari ketiga pelaksanaan telah mendapatkan darah sebanyak 295 kantong atau hanya kurang 5 kantong dari target.

Untuk itulah, pihaknya langsung menargetkan 500 kantong darah hingga akhir pelaksanaan.

“Tetapi lagi-lagi target kita dilampaui, jumlah yang kita dapatkan hingga hari ini (kemarin,red) 517 kantong dan besok (hari ini) kembali masih dilaksanakan,” jelasnya.

Sebenarnya, masyarakat yang mendaftar telah mencapai 700 orang lebih, akan tetapi karena para pendonor ada permasalahan seperti tensi tinggi ketika akan mendonorkan darah, berat badan rendah serta yang lainnya, sehingga selama 7 hari pelaksanaan mendapatkan 517 kantong saja.

“Tetapi itu tidak menghalangi kita untuk pecahkan rekor donor terbanyak,” ujarnya

Kegiatan donor darah sendiri dilaksanakan oleh PSMTI untuk memperingatai Hari Ulang TAhun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72. Dimana kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 8 Agustus dan puncak kegiatan akan dilaksanakan hari ini di Makodim 0407/Bengkulu.

Aksi sosial ini sangat menarik, karena masyarakat atau instansi yang telah mendonorkan darahnya, akan memiliki kesempatan mendapatkan doorprize 2 unit motor, untuk pendonor wanita dan laki-laki. Selain itu masih banyak hadiah hadiah menarik lainnya.

Pendonor yang ikut berpartisipasi sendiri, merupakan warga Bengkulu dari semua kalangan, baik itu dari pihak TNI, Polri, Mahasiswa, siswa serta masyarakat biasa di Bengkulu.

Dimana, setelah melakukan donor darah, para pendonor sendiri akan mendapatkan sembako yang diundi yaitu beras, minyak goreng, susu dan gula. “Itu undian ketika selesai mendonorkan darah,” sampainya.

Selain mendapatkan hadiah sembako, semua pendonor dari tanggal 8 Agustus hingga hari saat ini, juga akan mendapatkan kesempatan mendapatkan hadiah secara gratis dari PSMTI yaitu hadiah utama dua unit motor baik pendonor perempuan maupun laki-laki, Kulkas, mesin Cuci, Sepeda, Kipas Angin serta hadiah menarik lainnya yang akan diundi hari ini sekitar pukul 16.00 WIB.

“Yang mendapatkan motor, nantinya tidak perlu takut membayar pajak atau yang lainnya, karena semua telah ditanggung penyelenggara artinya tinggal membawa motor ke rumah,” tegas Irianka.

Sementara itu, Hanung, salah seorang warga Lingkar Timur yang baru pertama mendonorkan darahnya, mengatakan bahwa selama ini memang dirinya sangat ingin mendonorkan darahnya. Akan tetapi ketika akan mendonorkan darah, tensi atau tekanan darah selalu rendah sehingga tidak bisa mendonorkan darah, karena selama ini dirinya keseringan begadang. “Karena niat besar dan ada info ada kegiatan donor darah, maka saya malamnya istirahat dengan teratur dan alhamdulullah saya bisa mendonorkan darah,” sampaiannya.

Mendonorkan darah bukan semata-mata ingin mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panita, akan tetapi murni ingin berbuat baik dan juga untuk menjaga kesehatan. “Kalau dapat hadiah ya disukuri,” ucapnya.(614)