Akreditasi SMA Online

In Pendidikan

BENGKULU, BE – Setelah sukses melakukan akreditasi berbasis ICT online ditahun lalu, tahun ini, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) kembali mengembangkan Pendaftaran akreditasi secara online. Program yang dipolakan itu dimulai dari proses pendaftaran melalui internet. Nantinya, bagi sekolah/madrasah yang ingin mengikuti program akreditasi dapat mendaftarkan diri melalui situs Badan Akreditasi Provinsi (BAP).
“Tahun lalu kita sudah sukses menyelenggarakan akrditasi via online. Tahun depan kita melakukan hal yang sama. Dimulai dari pendaftaran, mengisi dan mengentry instrumen dapat dilalukan melalui ICT,” jelas Sekretaris BAP S/M, Drs Budiyanta.
Kendati lebih efektif, namun pola ini tak dapat diterapkan diprogram visitasi. Mengingat, visitasi itu tak bisa dilakukan hanya melalui dunia maya tersebut. Namun, proses ini harus dilihat langsung oleh asesor yang telah ditunjuk oleh BAP. Setelah menetapkan nilai melalui rapat pleno yang dihadiri oleh seluruh pengurus BAP S/M, barulah hasil pleno tersebut kembali dapat dipublikasikan melalui media tersebut. “Kalau visitasi tidak bisa dilakukan melalui internet. Seorang asesor harus melihat langsung bagaimana kondisi disekolah itu dengan lebih nyata,” ucapnya.
Lanjut Budi, mengingat keterbatasan tenaga dan sarana, kemungkinan besar ICT online ini dilakukan ditingkatan SMA/MA dan SMK saja. Namun, tidak menutup kemungkinan, ditahun yang akan datang tingkatan dibawahnya yaitu SMP/MTs juga mengikuti sistem ini. “Bagi SMA/MA dan SMK yang ingin memperbaikin akreditasinya daftarlah melalui online,” terangnya. (128)

You may also read!

Diancam Novel, Miryam Langsung Terbayang Anak

jpnn.com, JAKARTA – Mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani mengaku down dan stres ketika diancam penyidik Komisi

Read More...

Balai Rafflesia Diresmikan Gubernur Pada 4 April Mendatang

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jika tak ada aral melintang, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan menggelar acara

Read More...

Pengakuan Yani Gugat Ibu Kandung Rp 1,8 Miliar

jpnn.com, BEKASI – Yani Suryani, 45, menggugat ibu kandungnya sendiri, Siti Rokayah alias Amih, 85, asal Garut, Jawa Barat.

Read More...

Mobile Sliding Menu