Aklamasi, Mufran Komitmen Benahi KONI

IST/Bengkulu Ekspress Mufran Imron SE menerima bendera KONI setelah terpilih menjadi Ketua KONI Provinsi Bengkulu, kemarin (28/9).
IST/Bengkulu Ekspress Mufran Imron SE menerima bendera KONI setelah terpilih menjadi Ketua KONI Provinsi Bengkulu, kemarin (28/9).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Mantan Wakil Bupati Seluma, Mufran Imron SE terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu.

Ia terpilihnya secara aklamasi dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar di Gedung Pola Pemprov Bengkulu, kemarin (28/9). Dalam kesempatan itu, Mufran Imron menegaskan ia akan komitmen untuk memperbaiki KONI dalam masa jabatannya.

“Pembenahaan KONI harus kita lakukan. Baik untuk pengurus KONI maupun masing-masing cabang olahraga,” ujar Mufran setelah terpilih jadi Ketua KONI.

Dikatakannya, untuk membenahaai KONI memang harus dilakukan secara bertahap. Termasuk pengurus harus diisi dengan orang yang benar-benar ingin memperbaiki KONI.

Selain itu, ia juga berkomitmen untuk membuat KONI bukan sebagai ladang mencari nafkah, namun semata-mata untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi olahraga di Provinsi Bengkulu.

“Tidak ada lagi mencari nafkah di KONI,” paparnya.

Ditegaskannya, komitmen itu harus benar-benar direalisasikan. Sehingga KONI Bengkulu tidak jatuh pada lubang yang sama, mengingat banyak pengurus KONI yang terjerat hukum.

“Kita tidak ingin hal ini kembali terjadi,” tambah Mufran.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Organisasi KONI Pusat, Mayjen TNI Purnawirawan Nanang Djuana menilai, RAT KONI Provinsi Bengkulu ini memliliki kandungan yang sangat staregis dalam melakukan perbaikan KONI ke depan. Apalagi saat ini KONI harus menyiapkan pembinaan para atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua pada 2020 nanti.

“Prestasi olahraga itu perlu upaya maksimal dengan melalui pembinaan terukur dan maksimal, perlu program yang baik jika ditangani oleh pemimpin yang kapabel dan berkomitmen,” ungkap Nanang.

Untuk itu, ia berharap agar kepengurusan KONI yang baru ini menjalani tugasnya mempersiapkan para atletnya nanti.

“Tugas besar, siapkan atlet yang mampu membanggakan Bengkulu,” tuturnya.

Disisi lain, Plt Sekda Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan, KONI Provinsi Bengkulu merupakan perpanjangan tangan pemerintah dan pembina olahraga prestasi, sehingga kedudukan KONI provinsi sangat strategis dan dibutuhkan masyarakat.

“Penyelenggaraan olahraga sebagai bangunan sistem keolahrgaan yang mencakup pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Provinsi Bengkulu, yang merupakan tanggung jawab kita bersama,” ujar Gotri.

Dalam hal keolahragaan, lanjut Gotri, pemerintah melaksanakan kebijksanaan keolahrgaan, perencanaan, koordinasi, pembinaan pengembangan dan penetapan standarisasi, lalu penyelenggaraan pemberdayaan dan pengawasan. Dengan demikian, perbaikan olahraga Bengkulu akan berkembang dengan baik.

“Koordinasi dengan pemerintah harus terus dilakukan. Karena memajukan olahraga itu peran kita bersama,” pungkasnya.
Untuk diketahui, RAT KONI selain dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provinsi Bengkulu, H Gotri Suyanto dan perwakilan dari KONI Pusat, juga dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Meri Sasdi Jantan, pengurus KONI provinsi serta pengurus Cabang Olahraga (Cabor) se-Provinsi Bengkulu. (151)