Air Tube Mulai Normal

BINTUHAN,BE- Kondisi macetnya alur Sungai Air Tube yang membentang membelah Kota Bintuhan saat ini mulai dilakukan  normalisasi. Alur sungai mulai dilakukan pengerukan oleh pihak Badan Lingkungan Hidup dan Tata Kota (BLH-TK) Kaur. Hal ini untuk menghindari terjadinya luapan sungai terutama pemukiman penduduk   berada di sekitaran sungai  “Alhamdullah semenjak sungai itu dikeruk, tidak terjadi lagi banjir kepemukiman warga lagi,” kata Kepala BLH-TK Kaur Dra Reflita Dwiana MSi.
Reflita mengatakan, sebelum dilakukan pengerukan, beberapa waktu yang lalu puluhan kubik sampah terendam menutupi alur Sungai Air Tube. Padahal air tube mulai memebantang dari Desa Jembatan Dua, Kepala Pasar, air Dingin Hingga ke Kelurahan Bandar dan muaranya di Desa Pasar Lama. “Kalau tidak cepat ditanggulangi saat musim hujan seperti saat ini datang sebagian pemukiman penduduk mulai digenangi air,” terangnya.
Menurutnya hal ini tidak lepas dari ulah masyarakat sendiri yang sembarangan membuang sampah organik dan jenis lainnya lansung ke sungai. Akibatnya sungai tersumbat, selain itu aroma tidak sedap selalu tercium di sekitaran Sungai Air Tube. Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu. Pihaknya sendiri sudah melakukan berbagai upaya salah satunya dengan memasang papan imbauan namun tetap saja warga masih sering membuang sampah sembarangan. “Kita juga sudah menyediakan tong sampah di sekitaran rumah penduduk bahkan satu pemukiman kita berikan satu buah tong sampah tapi masih saja ada yang bandel membuang sampah sembarangan sebagai pemicu terjadinya sungai meluap kepemukiman penduduk,” pungkasnya.(618)