Air Terjun Batu Betiang, Destinasi Wisata Baru

ist-air-terjun-batu-betiang
Tim Survey dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan TNKS saat berada di kawasan Air Terjun Batu Betiang, Senin (28/11). (Foto IST/BE).

CURUP, BE– Kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) khusus di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, memiliki sejumlah potensi wisata yang belum dikembangkan secara maksimal.

Salah satu potensi wisata yang belum dikembangkan tersebut adalah Air Terjun Batu Betiang yang ada di Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong Ir Zulkarnain MT, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan bekerjasama dengan pihak TNKS untuk mengembangkan Air Terjun Batu Betiang tersebut.

“Selama ini potensi Air Terjun Batu Betiang belum digali secara maksimal bahkan banyak yang belum tahu. Sebab itu kita akan bekerjasama dengan pihak TNKS untuk mengembangkannya,” ungkap Zulkarnain.

Kawasan Air Terjun Batu Betiang masuk dalam zona pemanfaatan terbatas dari TNKS sendiri. Dengan adanya kerjasama antara PemkabRejang Lebong dan pihak TNKS, kedepannya air terjun itu akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Rejang Lebong.

“Dengan nanti dikembangkan, tentunya Air Terjung Batu Betiang akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Rejang Lebong ini,” tambah Zulkarnain.

Lebih lanjut Zulkarnain mengungkapkan. dengan dikembangkannya objek wisata Air Terjun Batu Betiang ini, merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk mewujudkan program Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yang akan menjadikan Rejang Lebong sebagai kota wisata.

Dengan adanya program menjadikan Rejang Lebong sebagai kota wisata, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga semakin gencar mengembangkan potensi wisata yang ada di Rejang Lebong, salah satunya objek wisata yang memiliki potensi besar bila dikembangkan adalah Air Terjun Batu Betiang.

Disisi lain, Zulkarnain juga mengungkapkan, dengan adanya kerjasama antara PemkabRejang Lebong dengan TNKS terkait dengan pengembangan Air Terjun Batu Betiang, Pemkab akan ambil bagian dalam mengawasi kawasan TNKS. Karena saat ini di kawasan menuju Air Terjun Batu Betiang banyak kawasan hutan TNKS yang sudah dirusak oleh pelaku perambahan.

“Bila nanti air terjun tersebut kita kembangkan, maka Pemkab akan ikut menjaga kawasan hutan di sekitar air terjun sehingga perambahan tidak terjadi lagi,” jelas Zulkarnain.

Zulkarnain menambahkan, engungkapkan untuk langkah awal pengembangan objek wisata Air Terjun Batu Betiang, perwakilan dari Bappeda Kabupaten Rejang Lebong dan TNKS serta sejumlah SKPD di Kabupaten Rejang Lebong melakukan survey ke lokasi Air Terjun Batu Betiang pada Senin (28/11) kemarin.

Untuk diketahui, saat ini Air Terjun Batu Betiang yang ada di dalam kawasan hutan TNKS tengah menjadi sorotan. Salah satunya dikarenakan air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan air terjun lain yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Keunikan yang dimiliki air terjun ini terletak pada batu yang berbentuk balok yang tersusun rapi yang berada disekeliling air terjun. Terkait dengan keberadaan batu tersebut masih menjadi misteri apakah karena proses alami atau justru dibuat oleh manusia.(251)