Adminduk 8 Desa Ditargetkan Tuntas

CEK: Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Nyayu Elia Hasanah saat mengecek proses pelayanan   kepada masyarakat, kemarin (13/2).
CEK: Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Nyayu Elia Hasanah saat mengecek proses pelayanan kepada masyarakat, kemarin (13/2).

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Delapan desa di Kabupaten Kepahiang menjadi target utama penuntasan pencataan administrasi kependudukan (Adminduk) 2018. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang telah menetapkan target menyelesaikan data kependudukan didelapan desa hingga akhir tahun ini.

Kepala Dinas Dukcapil Kepahiang, Ir Nyayu Elia Hasanah MSi menyebutkan, setiap kecamatan ada satu desa yang ditargetkan tuntas pendataan di tahun ini. “Desa ini nantinya jadi contoh untuk penuntasan data secara keseluruhan di Kabupaten Kepahiang kedepannya,” sebutnya.

Disdukcapil menurunkan seluruh ASN eselon III dengan beban kerja masing-masing dua kecamatan. Sehingga seluruh desa yang sudah ditarget tuntas adminduk dapat selesai diakhir tahun ini.

“Pilot projek pembina wilayah sudah dilaksanakan, pejabat eselon III masing-masing bertanggungjawab untuk dua kecamatan,” terangnya.

Pendataan adminduk meliput kelangkapan akta kelahiran, KIA, KTP El, KK dan buku nikah harus dimiliki seluruh masyarakat agar tidak ada permasalahan dikemudian hari. “Tahapan awal 2018 masing-wasing satu desa. 2019 40 desa 2021 terakhir penuntasan keseluruhan,” ujarnya.

Selain menyasar masyarakat, gerakan sadar adminduk juga ditujukan kepada ASN di jajaran Pemkab Kepahiang agar tidak ada ASN tak terdata diserver kependudukan.

“Dimulai dari Dukcapil, masing-masing pegawai dikorscek sudah memiliki dokumen pendudukan dan catatan sipil. Setelah itu baru seluruh OPD dan lembaga vertikal lainnya yang ada di Kabupaten Kepahiang,” ucapnya.

Adapun desa-desa yang jadi sasaran utama penuntasan Adminduk tahun ini meliput Cinto Mandi Baru Kecamatan Bermani Ilir, Suro Baru Kecamatan Ujan Mas, Tapak Gedung Kecamatan Tebat Karai, Desa Kelilik Kecamatan Kepahiang, Desa Bukit Barisan Kecamatan Merigi, Desa Suka Sari Kecamatan Kabawetan, Desa Talang Sawah Kecamatan Seberang Musi dan Desa Limbur Baru Kecamatan Muara Kemumu. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*