Abrasi Sungai Selagan Diprioritaskan

ABRASI Kondisi abrasi pantai Desa Gedung Menung parahMUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Abrasi Sungai Selagan yang berlokasi di Kelurahan Koto Jaya, Kota Mukomuko yang nyaris tenggelamkan Benteng Anna dan  mengancam rumah penduduk mendapat respon dan prioritas  pihak Balai Sungai Sumatera Wilayah VII  Bengkulu.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak balai dan mendapat prioritas. Tahun 2017 mendatang  pihak balai tersebut akan melakukan Survei Investigasi Desain (SID),” ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah ST MT melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA), Ngadiyono ST, kemarin (28/11). Menurutnya, untuk penanganan maupun penanggulangan  titik lokasi yang bersifat darurat, dilakukan  BPBD  dan hal tersebut sudah pernah dilakukan. Seperti, terjadi banjir di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang mengakibat longsor mengancam rumah penduduk, BPBD  melakukan penanggulangan bronjong  sementara.

“Ada yang perlu ditanggulangi segera untuk sementara dan ada pula  harus melalui proses SID. Yang jelas pembangunan yang diperuntukan kepentingan masyarakat banyak secara bertahap direalisasikan  yang disesuaikan dengan kemampuan daerah dan disetujui pihak – pihak terkait,” ujarnya. (900)