Harian Bengkulu Ekspress

9th BE VERSI TRUK rasterizeSejarah singkat Surat Kabar Bengkulu Ekspress hampir bersamaan dengan gerakan reformasi, tepatnya tanggal 2 november 1998. Perusahaan Pers dengan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers) No. 367/SK/MENPEN/SIUPP/1998 itu bergerak dibawah naungan PT Bengkulu Sinar Grafika dan beralamat di Jalan Basuki Rahmat No. 5 Kota Bengkulu.

Awalnya Surat Kabar ini terbit dengan format Tabloid sebanyak 16 halaman dan waktu terbitnya seminggu sekali. Setiap halaman full colur menyajikan berita-berita politik. Harga Tabloid Bengkulu Ekspress waktu itu adalah Rp. 1.250/eksemplar dengan oplah rata-rata 3000 eksemplar setiap terbit. Surat Kabar Bengkulu Ekspress dengan format Tabloid hanya bertahan selama 12 edisi (12 minggu).

Setelah itu, Bengkulu Ekspress berubah format menjadi surat kabar yang menyerupai koran harian. Selain format, jumlah halaman, waktu terbit, arah pemberitaan, harga dan oplah Surat Kabar Bengkulu Ekspress juga ikut berubah. Pada masa ini, surat kabar Bengkulu Ekspress terbit 8 halaman dengan pemberitaan dominan kriminal dan terbit 2 kali seminggu yaitu hari Senin dan Kamis.

Harganya Rp. 1000/eksemplar dengan oplah rata-rata 8000 eksemplar setiap terbit. Meskipun belum terbit setiap hari, Surat Kabar Bengkulu Ekspress sangat dinanti masyarakat Provinsi Bengkulu. Dengan kata lain, surat kabar itu cukup sukses menempatkan diri sebagai salah satu surat kabar ternama di Provinsi Bengkulu setelah Harian Rakyat Bengkulu.

Kesuksesan itu tidak terlepas dari kerja keras dan jerih payah para pengasuhnya, seperti : Ardiansyah SH selaku Pimpinan Redaksi dan Tirtonadi Sinaga SE selaku General Manager (GM) yang masing-masing menjabat kurang lebih selama setahun (1998-1999). Setahun berikutnya, kepemimpinan beralih pada Shahril Syahidir SPd selaku Pimpinan Redaksi dan Mutia Amperiana SH selaku General Manager (1999-2000). Namun pada 28 Februari 2001, Surat Kabar Bengkulu Ekspress ditutup atau divakumkan untuk sementara waktu dengan alasan managemen perusahaan.

 

Pages: 1 2 3

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved