Harian Bengkulu Ekspress

Sejarah singkat Surat Kabar Bengkulu Ekspress hampir bersamaan dengan gerakan reformasi, tepatnya tanggal 2 november 1998. Perusahaan Pers dengan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers) No. 367/SK/MENPEN/SIUPP/1998 itu bergerak dibawah naungan PT Bengkulu Sinar Grafika dan beralamat di Jalan Basuki Rahmat No. 5 Kota Bengkulu.

Awalnya Surat Kabar ini terbit dengan format Tabloid sebanyak 16 halaman dan waktu terbitnya seminggu sekali. Setiap halaman full colur menyajikan berita-berita politik. Harga Tabloid Bengkulu Ekspress waktu itu adalah Rp. 1.250/eksemplar dengan oplah rata-rata 3000 eksemplar setiap terbit. Surat Kabar Bengkulu Ekspress dengan format Tabloid hanya bertahan selama 12 edisi (12 minggu).

Setelah itu, Bengkulu Ekspress berubah format menjadi surat kabar yang menyerupai koran harian. Selain format, jumlah halaman, waktu terbit, arah pemberitaan, harga dan oplah Surat Kabar Bengkulu Ekspress juga ikut berubah. Pada masa ini, surat kabar Bengkulu Ekspress terbit 8 halaman dengan pemberitaan dominan kriminal dan terbit 2 kali seminggu yaitu hari Senin dan Kamis.

Harganya Rp. 1000/eksemplar dengan oplah rata-rata 8000 eksemplar setiap terbit. Meskipun belum terbit setiap hari, Surat Kabar Bengkulu Ekspress sangat dinanti masyarakat Provinsi Bengkulu. Dengan kata lain, surat kabar itu cukup sukses menempatkan diri sebagai salah satu surat kabar ternama di Provinsi Bengkulu setelah Harian Rakyat Bengkulu.

Kesuksesan itu tidak terlepas dari kerja keras dan jerih payah para pengasuhnya, seperti : Ardiansyah SH selaku Pimpinan Redaksi dan Tirtonadi Sinaga SE selaku General Manager (GM) yang masing-masing menjabat kurang lebih selama setahun (1998-1999). Setahun berikutnya, kepemimpinan beralih pada Shahril Syahidir SPd selaku Pimpinan Redaksi dan Mutia Amperiana SH selaku General Manager (1999-2000). Namun pada 28 Februari 2001, Surat Kabar Bengkulu Ekspress ditutup atau divakumkan untuk sementara waktu dengan alasan managemen perusahaan.

Surat Kabar Bengkulu Ekspress bengkit kembali untuk menjumpai pembacanya, terhitung 4 April 2005. Kali ini, Bengkulu Ekspress sudah menjadi Surat Kabar Harian dengan visi dan misi serta perwajahan baru. Arah pemberitaan Bengkulu Ekspress lebih pada dunia pendidikan dan bisnis dengan jumlah halaman ditingkatkan menjadi 12 dan 16 halaman (disesuaikan kebutuhan).  Posisi General Manajer dijabat Mutia Amperiana, SH sedang Pimpinan Redaksi dipegang M. Firdaus.

Alamat kantor Surat Kabar Bengkulu Ekspress yang sebelumnya di Jalan Basuki Rahmat juga ikut berubah. Kini Surat Kabar Harian itu menempati ruko tiga lantai yang terletak di Jalan Jati No. 18 Kota Bengkulu. Sejak bulan Oktober 2005 hingga saat ini General Manager (GM) Surat Kabar Harian Bengkulu Ekspress dijabat oleh Sukatno SPd. Di tahun 2007, Pimpinan Redaksi dijabat Rizani Oktafiansyah. Sementara M Firdaus dipercaya sebagai Pimpinan Perusahaan.

Di tahun 2010, Harian Bengkulu Ekspress menempati gedung baru yang diberi nama Graha Pena Bengkulu Ekspress. Gedung 3 lantai tersebut berlokasi di Jalan Jati No 129 (Simpang Skip) Kota Bengkulu.

Pada Januari 2012, jabatan Pimpinan Redaksi dipercayakan kepada Suherdi Marabili. Untuk menjadikan Bengkulu Ekspress sebagai surat kabar yang mampu mengguguli surat kabar lain di Provinsi Bengkulu umumnya, manajemennya dikelola secara professional dibawah naungan Group Sumatrera Ekspress/ PT Wahana Semesta Merdeka bekerjasama dengan Jawa Pos Group. Selain menyajikan berita-berita tentang dunia pendidikan, ekonomi/promosi dan bisnis, Harian Bengkulu Ekspress juga menyajikan berita-berita nasional, regional dan lokal yang berisi berbagai informasi dari semua aspek kehidupan.

Pages: 1 2 3

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved