70 Peserta Daftar Bujang Gadis Bengkulu

bujang-gadis-small
CARMINANDA/Bengkulu Ekspress. Peserta seleksi pemilihan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu 2016 saat mengikuti teknikal meeting di aula kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu pada Kamis (10/11).

BENGKULU, Bengkulu Ekpsress – Setelah ditutup pada 10 November lalu, tercatat sebanyak 70 orang pemuda dan pemudi mendaftar mengikuti seleksi pemilihan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu 2016. Mereka berasal dari berbagai kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu. Jumlah peserta tersebut meningkat dari seleksi Pemilihan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu 2015 lalu.

“Dalam teknikal meeting kemarin (12/11) untuk bujang itu yang daftar 25 orang, untuk gadis 45 orang. Kalau tahun lalu jumlah pesertanya cuma 40 orang,” ungkap Ketua Ikatan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu Riski Bidasarandi kemarin, (14/11).

Para peserta itu mengikuti seleksi pemilihan Bujang Gadis Bengkulu tahun 2016 pada tanggal 17 sampai dengan 20 November mendatang, bertempat di Aula Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu.

“Tanggal 17 itu tes tertulis, 18 tes presentasi promosi wisata Provinsi Bengkulu, 19 wawancara, dan tanggal 20 uji bakat,” jelasnya.

Riski menjelaskan dalam tes tertulis yang digelar tanggal 17 November nanti, peserta diberi waktu selama 3 jam untuk mengisi 30 soal esai. Materinya mengenai wawasan kebangsaan, sejarah terbentuknya Ikatan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu (IBAGALU), adat istiadat Bengkulu, dan pariwisata yang ada di Provinsi Bengkulu. Seletah itu pada tanggal 18 November peserta akan diminta mempresentasikan promosi 3 potensi objek wisata yang ada di Provinsi Bengkulu. Dengan menggunakan media power poin dan diberi waktu selama 5 menit.

Setelah itu tanggal 19 peserta akan menjalani tes wawancara mengenai kepribadian dan psikologi peserta. Selanjutnya pada tanggal 20 peserta diberikan waktu selama 7 menit untuk menunjukkan bakat yang dimilikinya, dan pada 20 November tersebut langsung diumumkan 13 pasang finalis yang berhak melaju pada babak grand final.

“Pentepan final 13 pasang calon bujang gadis itu dari kebiasaan tahun lalu, tetapi belum pasti juga, bisa jadi lebih 13 pasang, bisa jadi kurang, tergantung nilai pesertanya nanti,” ujar Riski.

Lanjutnya, ada 5 orang dewan juri yang memberikan penilaian terhadap perserta. Kelima dewan juri tersebut antara lain, Romeli Santiago Abbazz dari pembinan IBAGALU, Heri Aprizal darikalangan media, Lisa Rahmanina dari kalangan bahasa, Marli Efendi dari kalangan aktifis organisasi, Hastuty Mahdalena dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu.

“Sesuai tema We Are Tride Of Bengkulu, intinya dalam pemilihan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu 2016 ini kita menginginkan yang terpilih nanti benar-benar yang berkualitas, jadi penekanan penilaiannya lebih pada etika, cara berbicara, dan pemahaman tentang adat istidat Bengkulu,” tegasnya.

Riski menerangkan, dalam pemilihan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu 2016 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini ada sesi pemotretan untuk pada finalis. Selain itu Riski juga mengungkapkan, kegiatan pemilihan Bujang Gadis Bengkulu ini diselenggarakan secara mandiri oleh Ikatan Bujang Gadis Bengkulu dan belum ada suntikan dana dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Saat ini  kita masih mandiri, paling ada bantuan dari sponsor, selain itu kita juga mengandalkan uang pendaftaran dari peserta,” bebernya. (cw1)