7 Fakta Menarik di Balik Aroma Parfum

014622_717985_Parfum___India_TimesBagi sebagian orang, mereka pasti membeli parfum karena hanya tertarik dengan aromanya. Padahal mereka tidak tahu keunggulan dan fakta dari parfum yang dibelinya.

Bahkan bagi kebanyakan wanita, parfum merupakan salah satu benda yang wajib ada di tas. Mereka selalu siap sedia parfum. Parfum menjadi andalan untuk mengatasi bau badan.

Nah, di balik aroma wangi yang ditaburkan ada fakta unik seputar parfum. Berikut ini faktanya, seperti dilansir laman India Times, Minggu (31/1).

1. Parfum diterapkan pada titik denyut nadi karena mereka memancarkan panas

Pernah bertanya-tanya mengapa parfum biasanya diterapkan untuk spot seperti pergelangan tangan bagian dalam dan pangkal leher? Karena ini adalah titik-titik nadi, di mana pembuluh darah yang paling dekat dengan permukaan kulit.

Titik-titik ini memancarkan panas yang membantu memancarkan parfum dari kulit Anda ke udara.

2. Menerapkan sedikit krim ke titik denyut nadi Anda sebelum Anda menyemprotkan parfum membuat aroma parfurm bertahan lebih lama

Menggunakan krim oklusif sebelum menggunakan parfum akan menahan aroma kulit Anda lebih lama daripada jika Anda menyemprotkan parfum pada kulit Anda secara langsung.

Pilihan lain adalah dengan menggunakan parfum setelah Anda mandi, saat kulit Anda masih basah karena kelembaban membantu mempertahankan parfum.

3. Menggosok pergelangan tangan setelah Anda memakai parfum is a big NO

Parfum adalah kombinasi komplekstop notes, heart notes, and base notes. Top notes biasanya lebih halus dan lebih cepat menguap sedangkan base notes bertahan lebih lama. Menggosok pergelangan tangan Anda bersama-sama setelah Anda menerapkan parfum mendistorsi keseimbangan antara aroma.

4. Hidung Anda dan otak terbiasa dengan aroma familiar, sehingga Anda tidak bisa mencium bau parfum Anda sendiri setelah beberapa menit

Pernah melihat bahwa parfum Anda menghilang setelah beberapa menit? Yang benar adalah bahwa parfum Anda masih ada, tapi hidung dan otak berhenti menyadarinya karena menjadi akrab.

Setelah otak Anda menyadari bahwa parfum tidak berbahaya maka otak Anda akan hanya mengabaikannya.

5. Parfum yang sama bisa tercium berbeda pada dua orang yang berbeda

Parfum bercampur dengan aroma unik Anda. Produk akhir yang orang lain cium adalah kombinasi dari bahan-bahan parfum, bau odour Anda, keringat dan komponen lingkungan seperti kotoran dan polusi. Bahkan, diet Anda memainkan peran utama dalam menentukan apa aroma unik Anda.

6. Mencium beberapa parfum yang berbeda berturut-turut menguasai indra Anda

Jika Anda menguji parfum, bawa perlahan dan hindari mencium lebih dari dua atau tiga sekaligus karena mencium terlalu banyak parfum bersama-sama bisa mengoverloads otak Anda dan membuat sulit untuk membedakan antara aroma yang berbeda.

7. Ketika Anda mencoba aroma baru, semprotkan pada pergelangan tangan Anda dan tunggu beberapa menit

Jika Anda menyemprotkan parfum di pergelangan tangan Anda dan mengendus segera, Anda hanya bisa mencium top notes yang menguap sangat cepat. Untuk evaluasi lebih seimbang, tunggu beberapa menit sampai parfum telah kering dan kemudian mengendus pergelangan tangan Anda.(fny/fri/jpnn)