6 Makanan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Gula

gulajpnn.com – Kita semua tahu jika gula itu buruk bagi kesehatan kita. Dalam beberapa tahun terakhir, gula menjadi musuh nomor satu saat ini, dan kebanyakan orang telah berusaha untuk menghindarinya.

Studi terbaru menunjukkan bahwa gula dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes dan fungsi otak yang tidak normal. Gula juga dapat menyebabkan penuaan dini dan yang terburuk dari semua itu adalah mengkonsumsi gula dapat membuat kecanduan.

Menurut I Quit Sugar, perusahaan Australia yang mendorong orang untuk berhenti mengkonsumsi gula menjelaskan, ada beberapa makanan alami bebas gula yang akan membantu Anda tetap dapat mendapatkan rasa manis.

1. Minyak kelapa

Terlepas dari kenyataan minyak kelapa bahwa mengandung lemak jenuh yang tinggi, akan tetapi minyak kelapa bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi hasrat ingin mengkonsumsi gula.

Menurut Sarag Wilson, pendiri IQS mengatakan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa dua sendok makan ternyata dapat memenuhi hasrat kebutuhan  terhadap makanan manis serta dapat mengurangi nafsu makan sekitar empat hingga lima jam.

2. Teh manis

Tahukah Anda ada teh yang mengandung rasa manis alami? Teh ini dapat memberi rasa manis untuk Anda yang sedang diet gula tanpa khawatir kandungan gula atau kalori apa pun.

3. Ubi jalar

Semua orang tahu jika ubi jalar memiliki cita rasa manis alami. Ubi akan memuaskan hasrat Anda untuk memenuhi makanan manis. Ubi jalar mengandung gula alami, selain itu ubi juga mengandung karbohidrat yang baik untuk pemenuhan energi. Konsumsi ubi jalar tak dapat membuat Anda gemuk dan tentunya selain enak, juga rendah kalori.

4. Wortel

Wortel memiliki tekstur renyah dan kaya akan serat, sama seperti ubi jalar wortel juga memiliki rasa manis alami. Wortel adalah satu-satunya sayur yang memiliki cita rasa manis dari kebanyakan sayuran. IQS bahkan menganjurkan agar selalu mengkonsumsi wortel setiap hari.

5. Selai kacang

Selai mentega yang dibuat dari kacang alami ternyata bisa menjadi alternatif pengganti gula. Kacang memiliki rasa manis alami terutama kacang almond dan kacang mete. Selain karena kacang mengandung lemak dan protein sehat, kacang juga akan membuat Anda kenyang.

6. Coklat hitam

Cokelat hitam telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. IQS mengatakan tidak ada yang salah dengan kakao berkualitas baik saat Anda mencoba mengurangi asupan gula Anda. Ada lebih dari satu sendok teh gula dalam 100g cokelat hitam. (mia/pojoksatu)