6 Jam Menunggu di BIM, Jamaah Tiba Pagi Hari

Ini Dia Jadwal Pemulangan Jamaah Haji

BENGKULU, BE- Persiapan penyambutan kepulangan jamaah haji asal Provinsi Bengkulu terus dimatangkan. Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Penyambutan jamaah  haji akan disambut panitia  Pemda dan  Kemenag yang akan berlangsung mulai besok Kamis (8/10).
Sekretaris PPIH  Embarkasi Haji Antara, H Ramlan A Karim menuturkan, Kemenag telah melakukan pertemuan lintas sektoral. Jadwal kepulangan jamaah haji asal Provinsi Bengkulu akan dilakukan pada 8 hingga 11 Oktober 2015 mendatang.”Penyambutan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun lalu, hanya lebih disempurnakan kembali,” terangnya.
Berdasarkan hasil rapat hingga saat ini,  penyambutan jamaah haji nanti mulai penugasan panitia di  Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar. Kesiapan trasnportasi jamaah haji hingga konsumsi di embarkasi haji antara dan acara seremonial di Embarkasi Haji Antara (EHA).
Jamaah haji  bersama  petugas  Provinsi Bengkulu yang tercatat sebanyak 1.307 orang. Diketahui 3 orang meninggal, rinciannya satu orang meninggal di tanah air atas nama Zainal Sukri  warga Bengkulu Utara, dan dua orang meninggal di Arab Saudi yakni Darmawati Ibrahim (Kloter 8) serta Harus Tohi Sendang (Kloter 9). Sedangkan dua orang lagi diketahui berangkat dan bergabung dengan kloter 11 Padang, karena proses visa yang  salah beberapa waktu lalu.
Jadwal pemulangan jamaah haji  akan dimulai pada Kloter 7 Padang  dilakukan yakni pada  8 Oktober 2015, sedikitnya ada 455 jamaah yang tergabung di kloter ini. Rinciannya 238 jamaah Kota Bengkulu, 135 jamaah Seluma dan 73 jamaah Kepahiang serta 5 petugas haji. Kloter 7 akan berangkat dari  Jeddah pada  hari ini (7/10) pada pukul 14.05 WAS, dengan menggunakan  pesawat Garuda dengan nomor flight  GA 3407. Dan besok dini hari pesawat Garuda akan tiba dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar pada pukul 02.35 Wib.  Setiba di sana, jamaah akan disambut panitia dari Bengkulu. Proses  pemulangan jamaah haji baru akan dilakukan setelah enam jam lamanya di ruang tunggu BIM.
Sebenarnya  jadwal pemulangan jamaah dari BIM menuju  Bandara Fatmawati sebelumnya dijadwalkan  tiba pukul 07.30 wib. Namun ada perubahan jadwal sehingga jamaah baru akan diberangkatkan dari BIM ke Bandara Fatmawati pukul 08.00  untuk penerbangan I sebanyak 155 jamaah dan akan tiba di Bandara pukul 09.00, pukul 09.20  bagi penerbangan kedua  untuk 150 jamaah serta pukul 09.40 wib untuk penerbangan ke-3 untuk 150 jamaah.
Kloter 8 akan diberangkatkan dari Jeddah pada 9 Oktober  pada pukul 08.05 WAS dan tiba di BIM pada pukul 20.35 wib dengan menggunakan pesawat GA 3408,  dan  pada pukul 02.00  jamaah diberangkatkan dari BIM menuju   embarkasi haji antara dan  dengan tiga kali pemberangkatan. Penerbangan pertama  diikuti 155 jamaah berangkat pukul 02.20  wib dan tiba di Bengkulu pukul 03.00 wib. Penerbangan kedua sebanyak 150 orang berangkat dari pukul 02.20 tiba pukul 03.20 dan penerbangan ketiga  dengan jumlah penumbang 150 orang dan tiba di Bengkulu pukul 03.40 wib.
Kloter 9 diberangkatkan dari Jeddah pada 10 Oktober pukul 11.20 was, dan tiba di BIM pada pukul 23.50 wib  dengan GA 3409. Selanjutnya dari BIM menuju embarkasi haji antara pada 11 Oktober pukul  04.00 wib untuk penerbangan 200 jamaah dan tiba di Bengkulu pukul 05.00 wib, dan penerbangan kedua mengangkut sebanyak 197 jamaah  dan tiba di Bengkulu pukul 05.20 wib.
” Selama tiba di BIM padang, jamaah akan menuju tempat istirahat sementara, dan selanjutnya boarding untuk menuju Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. Pada keseluruhanya jamaah haji  kloter 7,8 dan 9 akan tiba di Bengkulu pada waktu pagi, ” cetusnya.
Jika  sebelumnya pemeriksaan kesehatan dilakukan di BIM, maka  berdasarkan kesepakatan bahwa setibanya di Bandara  Fatmawati Soekarno Bengkulu, jamaah akan langsung dibawa menggunakan bus  menuju embarkasi haji antara. Selanjutnya jamaah akan diperiksa menggunakan x-ray dan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Pelayanan Pelabuhan (KKP) Bengkulu di EHA. Pemeriksaan kesehatan itu demi memastikan  tidak tertularnya virus ebola dan Mers corp.  Jamaah  diletakkan pada aula yang telah disterilkan.  Setelah semuanya selesai  barulah  dilakukan serah terima  jamaah, beserta barang bawaanya,  dari panitia haji provinsi ke PPIH  Kabupaten/kota.
” Virus  mers dan ebola disebarkan dengan kontak langsung  maupun lewat udara, setibanya jamaah di Bengkulu  tidak boleh langsung bertemu keluarga, melainkan jamaah langsung diperiksa kesehatannya,  jika ditemukan jamaah dengan tensi dibawah 30 derajat, maka langsung dikarantina,” jelasnya.
Setibanya jamaah di embarkasi haji antara tidak langsung diakomodir ke aula, jamaah  diberikan snak  dan dilanjutkan proses serah terima selesai. Setelah selesai jamaah akan diberikan makanan dan  dipersilahkan menginap di kamar asrama yang telah disiapkan.  Terkhusus jamaah haji kabupaten Mukomuko, dan Seluma karena menunggu panitia haji dari daerah.  Dan pagi sekitar pukul 07.00  jamaah  kedua kabupaten ini diberangkatkan dengan menggunakan bus  Putra rafflesia  menuju daerahnya, dengan membawa seluruh barang bawaanya seperti ari zamzam dan sejumlah oleh-olehnya.
Barang bawaan jamaah  atau kopor besar jamaah haji, dapat diambil langsung di asrama haji antara dengan menunjukkan pasor atau DAPIH jamaah haji yang bersangkutan. Koper besar ini tidak akan diinapkan, begitu tiba pada hari itu, jamaahpun sudah bisa mengambilnya. (247)