551 Warga Terserang ISPA

AMEN,BE – Kabut asap yang melanda Kabupaten Lebong sejak 2 bulan terakhir mulai berdampak pada kesehatan masyarakat. Kabut asap yang merupakan kiriman dari daerah tetangga Sumatera Selatan, Jambi dan Riau mulai membuat masyarakat terserang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Dari data yang diperoleh Dinas Kesehatan, tercatat sejak Juni, Juli hingga Agustus 2015 lalu jumlah penderita ISPA mencapai 551 orang.

Dijelaskan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong Ahmad Khairani melalui Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehaan Lingkungan Amril Yudani SKM, penyebab ISPA tersebut bukan hanya akibat kabut asap yang melanda Kabupaten Lebong selama ini. Hal tersebut juga disebabkan akibat kondisi cuaca kemarau yang panjang dan polusi udara.

“Dari data kita, untuk bulan Juni warga yang terserang ISPA sebanyak 149 orang, Pneumonia 8 orang. Kemudian Juli penderita ISPA 165 orang dan pneumonia 5 orang, serta bulan Agustus penderita ISPA meningkat menjadi 177 orang dan Pneumonia 11 orang,” ungkap Amril.

Dijelaskan Amril, penyakit Pneumonia ini merupakan penyakit radang paru-paru, biasanya disebabkan oleh infeksi yang disebabkan bakteri, virus, dan jamur. Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lebong untuk selalu menggunakan masker jika diluar ruangan karena kondisi kabut asap masih sangat tebal dirasa di Kabupaten Lebong.

“Nah kalau dilihat dari kondisi udara saat ini masih belum normal dan berbahaya akibat kabut asap kiriman ini. Kami mengingatkan agar masyarakat selalu menggunakan masker jika diluar ruangan, hal ini untuk mencegah penyakit ISPA yang banyak menyerang warga saat ini,” jelas Amril.(777)