500 Poktan Dapat Bantuan Bibit

CURUP, BE– Selain melakukan pembangunan irigasi tersier untuk menunjang program Swasembada Pangan di Kabupaten Rejang Lebong. Pemerintah pusat juga akan memberikan bantuan berupa bibit bersubsidi kepada petani padi di Kabupaten Rejang Lebong.
Menurut Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Rejang Lebong, Harun Rasyid, SP. Bibit bersubsidi tersebut akan diberikan kepada 50 kelompok tani yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Penyaluran bibit subsidi ini akan dilakukan dalam dua tahap.
“Saat ini Kelompok tani kita baru 500 kelompok, sehingga yang menerima bantuan bibit bersubsidi ini hanya 500 kelompok,” jelas Harun.
Menurut Harun, bantuan benih bersubsidi ini disetiap kelompoknya akan mendapat kuota yang berbeda-beda sesuai dengan luas area persawahan setiap kelompoknya. Karena menurut Harun, untuk satu hektar sawah akan mendapat bantuan pupuk bersubsidi sebanyak 25 kilogram. “Ya tergantung jumlah lahanya dimasing-masing kelompok kalau lahanya luas ya semakin banyak benih yang akan didapatkan,” tambahnya.
Terkait dengan jenis bibit yang diberikan Harun belum bisa memastikan, karena sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah pusat. Karena menurut harun pihaknya hanya menyediakan lahan dan kelompok tani saja. Meskipun pihaknya hanya menyiapkan lahan dan kelompok tani, namun ia memastikan bibit berusbsidi yang akan diberikan tersbeut merupakan bibit yang berkualitas sesuai standar kementerian pertanian.
Lebih lanjut Harun menjelaskan, untuk penyaluran tahap pertama ini akan dilakukan pada bulan April ini. Penyalurann ini sesuai dengan masa tanam kelompok yang mendapat bantuan. Untuk tahap pertama ini bibit akan disalurkan untuk lahan seluas 300 hektar. 300 hektar sawah akan mendapat bantuan tersebut akan diberikan di 4 Kecamatan yang akan memasuki musim tanam. Empat Kecamatan yang akan menerima bantuan tahap pertama iniyaitu Curup Timur, Curup Selatan Curup dan Selupu Rejang. “Bantuan bibit subsidi ini hanya diberikan sekali dalam satu tahun, untuk masa tanam selanjutnya diharapkan petani bisa mengembangkan diri karena sudah mendapat bantuan pada tahap pertama,” jelas Harun.
Sementara itu, terkait dengan masih banyaknya petani yang belum memiliki kelompok tani. Harun mengimbau kepada para petani tersebut untuk segera membentuk kelompok sehingga bisa dianggarkan untuk mendapat bantuan selainjutnya baik bantuan bibit maupun bantuan lainnya. Karena menurut Harun saat ini salah satu syarat untuk mendapat bantuan adalah memiliki kelompok tani.
“Silahkan petani kita yang belum memiliki kelompok untuk menghubungi tenaga penyuluh kita dan bermusyawarah untuk membuat kelompok. Karena saat ini penerima bantuan harus memiliki kelompok,” harap Harun.
Sementara itu terkait dengan lokasi persawahan di Kabupaten Rejang Lebong, menurut Harun dari 15 Kecamatan yang ada, Kecamatan yang memiliki area persawahan yang luas diantaranya Kecamatan Curup Timur, Curup Selatan, Curup Utara Selupu Rejang, Bermani Ulu, Kota Padang dan Sindang Kelingi.(251)