5 Kantor Pos Layani Pembayaran PKH

Ari, suasana pemabaran PKH yang dilakukan di kantor Pos Curup kemarin (1)

CURUP, BE – Sesuai dengan yang telah dijadwalkan sebelumnya, kemarin (14/4) pembayaran Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama untuk Kabupeten Rejang Lebong dilaksanakan.   Untuk melayani pembayan PKH ini, Kantor Pos Curup membuka loket di 5 kantor pos yang ada di Rejang Lebong.
“Selain di kantor pos induk ini, kita juga membuka loket pembayaran di-empat kantor pos lainnya,” ungkap Kepala Kantor Pos Curup, Fendi Anjasmara.
Menurut Fendi, 4 kantor pos tersebut antara lain, Kantor Pos Padang Ulak Tanding, Belitar, Karang Anyar dan Sambe Rejo.  Lokasi pengambilan sendiri akan dibagi sesuai dengan kecamatan terdekat dengan masing-masing kantor pos. Menurut Fendi, pembagian PKH ini dilakukan penjadwalan masing-masing kecamatan, sehingga tidak membludak seperti pada pembayaran Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) yang pembagiannya tidak terjadwal.
“Untuk PKH ini memang sudah terjadwal, seharinya hanya melayani dua kecamatan. Dalam seharinya pun dibagi, untuk pagi kecamatan satu dan sorenya kecamatan satu lagi, sehingga tidak membludak,” tambah Fendi.
Lebih lanjut Fendi menjelaskan, pembayaran PKH ini sendiri dilakukan selama 4 hari terhitung 14 April kemarin.  Untuk hari pertama dan kedua, merupakan pembagian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, kemudian untuk hari ketiga dan keempatnya digunakan untuk pembayaran kepada mereka yang belum sempat mengambil pada hari pertama maupun kedua.
Sementara itu, terkait dengan mekanisme pembayarannya sendiri, menurut Fendi sama dengan pembayaran PSKS yaitu melalui rekening Giro Pos. Sehingga menurut Fendi, mereka yang menerima PKH bisa saja tidak mengambil uang tersebut hingga satu tahun karena pembayaran dilakukan setiap tiga bulan sekali.  Namun menurut Fendi, apabila masyarakat tidak mengambil, justru akan menimbulkan pertanyaan mengingat dana yang diberikan khusus untuk masyarakat kurang mampu.
“Meskipun bisa ditabungkan, namun bisa dibilang semua yang menerima mengambil uang tersebut, berbeda dengan PSKS yang memang kita anjurkan untuk menabung,” jelas Fendi.
Sementara itu untuk pembayaran di Kantor Pos Curup sendiri, menurut Fendi, untuk hari pertama kemarin pihaknya melayani pembayaran untuk warga dari Kecamatan Curup dan Curup Selatan.  Sedangkan hari ini melayani pembayaran untuk Kecamatan Curup Utara, Curup Timur dan Curup Tengah.
Untuk diketahui, pada tahun 2015 ini pemerintah pusat kembali menyalurkan bantuan program keluarga harapan (PKH). Untuk Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2015 ini jumlah keluarga yang masuk dalam PKH sebanyak 3.685 Kepala Keluarga. Dengan total bantuan yang diberikan untuk Rejang Lebong sebesar Rp 1,104 miliar.
Besaran yang diterima masing-masing kepala keluarga berbeda. Jumlah yang diterima akan disesuaikan dengan jumlah tanggungan masing-masing kepala keluarga. Pembagian PKH ini akan melihat berdasarkan tanggungan mulai dari anak sekolah hingga wanita hamil.  Untuk anak SD akan mendapat bantuan sebesar  Rp 450 ribu, kemudian SMP sebesar Rp 750 ribu dan SMA serta ibu hamil Rp 1 juta dalam satu tahunnya. (251)